Komunitas

Senin, 12 September 2022 - 01:30 WIB

2 tahun yang lalu

logo

Puncak Peringatan HUT ke-77 RI Warga RW 12 Ngagelrejo Gekwr Bazar UMKM dan Pagelaran Wayang Kulit

Surabaya | klikku.net – Warga RW 12 Kelurahan Ngagelrejo Wonokromo, tak mau ketinggalan dalam memperingati HUT ke-77 Republik Indonesia.

Puncaknya pada Sabtu (10/9) malam hingga Minggu pagi (11/9) menggelar pagelaran wayang kulit yang juga dimeriahkan reog dan bazar UMKM. Menghadirkan dalang kondang Ki Mudho Sutarno dari Blora, Jawa Tengah dengan lakon Pandhawa Syukur.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut Ketua DPRD Surabaya Adi Sutarwijono, Camat Wonokromo Amiril Hidayat, Kapolsek Wonokromo Kompol Riki Donaire Piliang, Lurah Ngagelrejo Cut Wulandari beserta perwakilan RW dan para warga.

Sejatinya pagelaran wayang di RW 12 menjadi agenda rutin, namun sempat terhenti selama dua tahun akibat pandemi.

Ketua RW 12 Kelurahan Ngagelrejo Totok Suprayitno S.H mengungkapkan bahwa kegiatan dipusatkan dengan menggelar kesenian wayang dan bazar UMKM.

Melalui pagelaran wayang kulit Totok berharap generasi muda saat ini tidak melupakan budaya dan mau melestarikannya. Selain itu dengan bazar UMKM yang sebagian besar merupakan UMKM warga RW 12 diharapkan menjadi kebangkitan ekonomi usai diterjang pandemi covid-19.

“Dengan lakon Pandhawa Syukur ini, sebagai wujud rasa syukur warga RW 12 dalam memperingati kemerdekaan Republik Indonesia. Selain itu melalui bazar UMKM kami selaku pengurus RW ingin menggairahkan kembali ekonomi usai diguncang badai pandemi,” tuturnya.

Nampak berbagai stan kuliner dan permainan menghiasi sepanjang area bazar, sejak Jumat (9/9). Melalui bazar, Totok berusaha memberdayakan UMKM dari sembilan RT di wilayah RW 12, diharapkannya perekonomian warga bisa berkembang.

Suksesnya kegiatan ini, menurut Totok Suprayitno merupakan buah gotong-royong warga. Selain itu dana juga dihimpun dari swadaya dan donatur warga RW 12.

“Warga RW 12 selalu menjaga keutuhan dan kekompakan. Sehingga berkat gotong royong warga RW 12, banyak kegiatan yang berjalan lancar. Kami juga rutin menggelar kegiatan sosial serta turut dalam kegiatan pemkot seperti saat ini RW 12 masuk 500 besar SSC,” pungkas Totok.

Sementara itu Camat Wonokromo Amiril Hidayat dalam sambutannya, berharap mudah-mudahan hajat warga RW 12 bisa terkabulkan.

“Semuanya bisa berjalan dengan baik melalui gotong royong. Dan menyelaraskan keadaan dan kemajuan Kota Surabaya. Melalui pagelaran wayang kulit ini, bisa meningkatkan norma dan etika bagi semua terutama warga RW 12,” ujar Amiril.

Sementara itu  ketua DPRD Kota Surabaya Adi Sutarwijono mengatakan, pesan yang terkandung dalam lakon wayang, memiliki banyak filsafah yang bermanfaat bagi kehidupan sehari-hari.

“Seperti pesan dari Bung Karno kepada kita, bahwa masyarakat Indonesia hendaknya memiliki kepribadian dan kebudayaan. Melalui Pagelaran seni tradisional, bisa menjadi upaya penguatan kepribadian bangsa. Semoga dengan semangat gotong royong, warga RW 12 Ngagelrejo senantiasa menjaga rasa cinta kepada tanah air,” pungkasnya. Soen/Roji


 

Artikel ini telah dibaca 228 kali

Baca Lainnya