Daerah Komunitas Peristiwa

Senin, 26 September 2022 - 00:01 WIB

2 bulan yang lalu

logo

Lomba layang-layang Tingkatkan Ekonomi Warga Desa Doho Agung Gresik

Gresik | klikku.net – Lomba-layang layang begitu ramai di kunjungi warga di wilayah kecamatan balongpanggang. Dari berbagai daerah datang, untuk mengikuti perlombaan layang layang diantaranya dari Kabupaten Tuban, jepara, lamongan, kediri, bahkan dari daerah Jawa Barat pun turut hadir mengikuti kontestasi perlombaan.

Perlombaan tersebut merebutkan berbagai kategori , bahkan ada peserta layang layang membawa super jumbo dari daerah Jawa Tengah yaitu daerah jepara. Model kepala Naga yang berdiameter cukup besar dengan ekor 150 meter, menghiasi langit Desa Doho Agung Kecamatan Balongpanggang.

Perlombaan yang di ikuti oleh 200 peserta dari berbagai daerah, dan juga di padati penonton hingga ribuan di arena persawahan Desa doho agung.

Antusiasme peserta lomba serta banyaknya penonton membuat para pelaku UMKM serta pedagang minuman di area stand jualan, kondisi cukup laku keras.

Atik, salah satu penjual minuman menyampaikan rasa syukur, bisa mengais rejeki di perlombaan layang layang cukup memuaskan. Minuman dan makanan terjual habis, karena cuaca panas jadi minuman cukup laku keras.

Mulai buka pagi tadi hingga tutup stand saat ini, sudah 6 kali belanja air minum mineral, es batu, dan minuman dingin kemasan lainnya.

“Masyallah, alhamdulillah..! Jualan makanan dan minuman dapat rejeki tambahan selain bekerja sebagai petani. ” Kurang lebih yang saya bawa pulang saat ini sekitar 2 juta,” ujarnya.

Kepala Desa Darsito menuturkan, kegiatan layang layang tingkat nasional ini banyak menyerap UMKM baik kecamatan, desa dan desa desa lainnya. Ada yang jual makanan, minuman, dan pernak pernik.

“UMKM sangat terbantu ekonomi nya dengan adanya even tahunan seperti ini. Dan perlombaan layang layang tingkat Nasional ini setiap tahun akan digelar di Desa Doho Agung. Banyak keuntungan, baik sisi wisata, UMKM, dan nama Desa Doho agung. Kecamatan Balongpanggang, semakin populer sebagai Desa layang layang nantinya,” ujarnya.

“Berharap Desa Doho Agung nantinya semakin di lirik oleh investor, dalam pengembangan konsep wisata Desa Mandiri,” tuturnya.

Ketua TALIKAMA Jawa Timur  Ademo  menyatakan, kegiatan perlombaan layang layang dengan berbagai kategori ini merebutkan total hadiah senilai total 35.000.000,- dan piagam ,serta total piala 151 dari berbagai kategori perlombaan yang akan peserta menangkan. Sehingga perlombaan layang layang sangat menarik untuk di ikuti dan di saksikan secara langsung.

Antusiasme warga penggemar layang layang, baik peserta maupun penonton sangat menikmati, walaupun cuaca cukup panas, namun warga, baik itu orang dewasa,maupun anak anak bersukaria, berfoto selfie di depan layang layang kepala naga.

“Satu lagi, pandemi sudah mulai berakhir , jadi tahun depan menjadi harapan semakin banyak lagi peserta serta lebih banyak lagi kreasi kreasi layang layang di tampilkan dalam perlombaan kelas lokal dan nasional,$ pungkasnya. Wandi


 

Artikel ini telah dibaca 217 kali

Baca Lainnya