Nasional Olahraga Pemerintahan

Kamis, 17 November 2022 - 20:49 WIB

3 bulan yang lalu

logo

Datangi Ditjen AHU, Jordi Amat Maas dan Sandy Henny Walsh Ambil Keppres Pemberian WNI

Jakarta | klikku.net – Direktur Jenderal Administrasi Hukum Umum Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Cahyo R. Muzhar, didampingi  Direktur Tata Negara Baroto, menyerahkan Petikan Keputusan Presiden tentang Pemberian Kewarganegaraan Republik Indonesia kepada atlet sepak bola, atas nama Jordi Amat Maas dan Sandy Henny Walsh, Kamis (17/11).

Usulan pemberian kewarganegaraan kepada orang asing yang berjasa kepada negara Republik Indonesia, atau dengan alasan kepentingan negara, diajukan oleh Menteri Pemuda dan Olahraga kepada Presiden, melalui Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia pada Maret 2022.

Setelah dilakukan pemeriksaan dan penelitian terhadap kelengkapan persyaratan. Tidak terdapat hal-hal yang memberatkan, untuk dapat dikabulkannya permohonan pewarganegaraan.

Sehingga Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia, meneruskan permohonan pertimbangan pemberian kewarganegaraan RI kepada Presiden. Untuk kemudian meminta rekomendasi Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI).

Jordi Amat Maas adalah atlet kelahiran Spanyol 21 Maret 1992. Sementara Sandy Henny Walsh kelahiran Brussel 14 Maret 1995. Keduanya mendapatkan restu dari Komisi III DPR RI pada tanggal 29 Agustus 2022.

Setelah memperoleh pertimbangan DPR RI, Presiden menetapkan Keputusan Presiden mengenai pemberian Kewarganegaraan Republik Indonesia pada 8 November 2022.

Dikabulkannya permohonan Jordi dan Sandy, menambah panjang daftar naturalisasi untuk kepentingan negara. Dalam rangka memberikan kemajuan dan keharuman nama bangsa Indonesia. Diantaranya Marc Anthony Klok, Kim Kurniawan, Diego Michiels, Stefano Lilipaly, dan beberapa nama pemain bola naturalisasi, yang pernah memperkuat Timnas Indonesia.

“Naturalisasi atlet melalui mekanisme kepentingan negara, selalu mendapat sorotan masyarakat, terutama bagi pecinta sepak bola Indonesia. Sejatinya Kemenkumham akan selalu mendukung setiap proses naturalisasi atlet, yang diajukan oleh lembaga pengusul terlebih lagi hal ini dilakukan untuk mendongkrak prestasi bangsa Indonesia,” ungkap Cahyo R. Muzhar.

Setelah menerima petikan Keputusan Presiden, Jordi yang saat ini bermain pada klub Johor Darul Ta’zim dan Sandy yang bermain pada klub KV Mechelen, dijadwalkan untuk mengucapkan sumpah atau menyatakan janji setia pada tanggal 17 November 2022 di Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM DKI Jakarta. @Nto tze


 

Artikel ini telah dibaca 304 kali

Baca Lainnya