Ekonomi Bisnis Nasional

Rabu, 23 November 2022 - 14:39 WIB

1 minggu yang lalu

logo

Gelar JCC 2022, BI Jatim Berharap Surabaya menjadi Indonesia Coffee Culture

Surabaya | klikku.net – Bank Indonesia Jawa Timur bersama Pusat Penelitian Kopi & Kakao (Puslitkoka) Indonesia dan Pemkot Surabaya, akan menggelar Java Coffee Culture (JCC) bertajuk Beyond a Cup of Coffee.

Rencananya, kegiatan ini akan digelar di Jl. Tunjungan Surabaya, pada Sabtu -Minggu, 26-27 November 2022.

Menurut Kepala KPw BI Jatim Budi Hanoto, JCC diharapkan menjadi langkah awal bagi Surabaya menjadi Indonesia Coffee Culture.

“Harapannya, kegiatan ini bisa menjadi salah satu potensi menunjang pertumbuhan ekonomi Jawa Timur. Sebab, even ini akan meningkatkan eksposur, daya saing kopi, penjualan domestik hingga ekspor, mendisversifikasikan produk kopi, hingga memperkuat hubungan linkage komoditas kopi Jawa,” ujarnya, Rabu (23/11).

Ia menambahkan,  saat ini Indonesia berada pada peringkat lima besar produsen kopi dunia, dengan jumlah 99 ribu ton kopi di 2021 di Pulau Jawa. Dari jumlah tersebut, sebanyak 49 ribu ton merupakan produksi kopi Jawa Timur.

“Namun kita masih dihadapkan pada tantangan permodalan petani dan pengolah kopi, kualitas biji kopi, suplai chain yang masih panjang, pemasaran yang terbatas, serta kurangnya akses ekspor bagi petani kopi skala kecil,” ungkapnya.

Untuk itu, Budi berharap agar Java Coffee Culture 2022 bisa mengangkat dan memperkenalkan keunggulan, serta keanekaragaman kopi dari wilayah Jawa.

“Kegiatan ini kami rancang sebagai even tahunan regional, yang akan memperkenalkan value, sejarah, filosofi dari seluruh kopi special di Jawa,” tambahnya.

“Selain itu, kami ingin JCC menjadi¬† tempat bertemunya pecinta kopi, pebisnis, investor, penggiat kopi, ajang inovasi produk kopi, memperkaya pengetahuan tentang kopi, serta sarana pemasaran produk kopi lokal ke global,” pungkasnya.

JCC 2022 akan dipusatkan di Jalan Tunjungan Surabaya, dengan melibatkan 14 mitra strategis BI. Acara akan diisi dengan berbagai kegiatan, seperti educoffee, talkshow, workshop, business matching, kompetisi, hingga fun games. @Nto tze


 

Artikel ini telah dibaca 277 kali

Baca Lainnya