Daerah Pemerintahan

Sabtu, 26 November 2022 - 08:48 WIB

2 bulan yang lalu

logo

Program Penyuluhan Pertanian Tingkat Desa Tahun 2024 Di Desa Mojongapit Kecamatan Jombang

Jombang | klikku.net  – PPL bersama petani menyusun Program Penyuluhan Pertanian, program sesuai peraturan menteri pertanian nomor: 25/permentan/ot.140/5/2009 adalah Rencana tertulis yang disusun secara  sistematis untuk memberikan arah dan pedoman sebagai alat pengendali pencapaian tujuan penyuluhan.

Rencana penyuluhan tahun berikutnya dengan memperhatikan keterpaduan, kesinergian dan siklus anggaran masing-masing tingkatan yang mencakup pengorganisasian dan pengelolaan sumber daya.

Penyuluhan Pertanian adalah proses pembelajaran bagi pelaku utama serta pelaku usaha agar mereka mau dan mampu menolong dan mengorganisasikan dirinya dalam mengakses informasi pasar, teknologi, permodalan, dan sumberdaya lainnya, sebagai upaya untuk meningkatkan produktivitas, efisiensi usaha, pendapatan, dan kesejahteraannya, serta meningkatkan kesadaran dalam pelestarian fungsi lingkungan hidup.

 

Unsur-unsur dalam Program Penyuluhan

 

a. Keadaan

Potensi Usaha

peluang usaha dari hulu sampai  hilir yang prospektif untuk dikembangkan sesuai dengan peluang pasar, kondisi agroekosistem setempat, sumberdaya dan teknologi yang tersedia untuk meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan pelaku utama dan pelaku usaha.

 

b. Tujuan

pernyataan mengenai perubahan perilaku dan kondisi pelaku utama dan pelaku usaha yang hendak dicapai dengan cara menggali dan mengembangkan potensi yang tersedia pada dirinya, keluarga dan lingkungannya

 

c. Permasalahan

Faktor Perilaku

Faktor Non Perilaku (sarana dan Prasarana) ketersediaan dan kondisi sarana dan prasarana      pendukung usaha pelaku utama dan pelaku    usaha, misalnya ketersediaan  pupuk,             benih/bibit atau modal

d. Rencana Kerja

kegiatan menggambarkan apa yang dilakukan untuk mencapai tujuan, bagaimana caranya, siapa yang melakukan, siapa sasarannya, dimana, kapan, berapa biayanya, dan apa hasil yang akan dicapai untuk memecahkan masalah yang dihadapi dan merespon peluang yang ada.

Penyusunan program penyuluhan pertanian dilaksanakan pada hari Kamis,  tanggal 24 November 2022 bertempat di balai desa Mojongapit kecamatan jombang dihadiri poktan/ gapoktan desa dapurkejambon, Desa Sambongdukuh,  Desa Mojongapit dan Kelurahan Jelakombo.

Penyusunan program dipandu oleh tim BPP Kecamatan Jombang. Permasalahan yang ada ditiap poktan dituangkan dalam form data permasalahan dalam kegiatan pertanian, tujuan, keadaan dan rencana kegiatan dalam rangka pemecahan masalah.

Diharapkan penyusunan program penyuluhan pertanian di tingkat desa sesuai dengan kebutuhan yang dibutuhkan oleh petani khususnya dalam peningkatan produksi hasil pertanian baik perubahan perilaku petani (pengetahuan, ketrampilan dan sikap) yang lebih bijak, non perilaku (didukung sarpras, pelaku usaha). Titin Mujiati 


 

Artikel ini telah dibaca 92 kali

Baca Lainnya