Komunitas Lifestyle

Minggu, 27 November 2022 - 12:25 WIB

2 bulan yang lalu

logo

Wagub Emil Minta Koko Cici 2022 Lestarikan Keberagaman Budaya Jawa Timur

Surabaya | klikku.net – Wagub Jatim Emil Elestianto Dardak berpesan kepada para finalis Koko Cici Jawa Timur 2022, agar menjadi duta kebudayaan dan turut andil dalam pengembangan generasi muda di Jatim.

Plt. Gubernur Jatim itu juga meminta mereka menanamkan semangat untuk melestarikan keberagaman budaya di Bumi Majapahit, melalui karakter yang baik.

“Ajang ini bukan hanya mencari beauty, tapi juga character. Ini adalah bagian dari pengembangan generasi muda di Jatim, yang memiliki potensi untuk menjadi Duta Budaya Tionghoa, Duta Pariwisata, dan Duta Sosial di Bumi Majapahit,” ujarnya, saat menghadiri Grand Final Koko Cici Jawa Timur 2022, di Graha Unesa Surabaya, Sabtu (26/11) malam.

Menurut Emil, Diversity yang ada di Indonesia, khususnya Jatim, harus tetap dilestarikan. Hingga khazanah budaya yang ada di Jatim, akan semakin berkembang.

Ia juga mengapresiasi alumni Ikatan Koko Cici Jatim, yang selama ini banyak berkiprah di bidang pengabdian masyarakat.

“Ini tahun kesekian saya menghadiri acara ini. Dan makin ke sini, penyelenggarananya semakin baik. Apalagi, alumi dari Ikatan Koko Cici banyak yang berkiprah dalam bidang pengabdian masyarakat,” tegasnya.

Kepada para peserta, Emil juga menekankan, bahwa kemenangan dan kekalahan bukanlah hal yang penting. Melainkan semangat mereka untuk melestarikan keragaman budaya di Jatim.

“Menang atau kalah bukanlah hal utama. Bisa mengikuti ajang ini adalah pprestasi. Terlebih lagi karena Koko Cici sekalian, didorong oleh cinta dan semangatnya kepada keberagaman budaya di Indonesia. Serta pelestarian budaya Tionghoa,” pungkasnya.

Sementara itu, pasangan Koko Cici Jatim 2022 terpilih adalah Koko Renhard Sidik dan Cici Sherly Angelina. Keduanya terpilih setelah melalui rangkaian grand final Pemilihan Koci Jatim 2022.

Sementara Runner Up 1 diraih Koko Gideon Feriyanto dan Cici Dina Moniaga, Runner Up 2 Koko Alvin Hadi dan Cici Audrey Hanley.

Sebelumnya, seluruh finalis mengikuti sesi tanya jawab, masa karantina, talent show, serta deep interview, tentang pemahaman dan pengetahuan budaya Tionghoa, Bahasa Inggris, public speaking, dan komitmen menjalankan tugas sebagai Koko Cici. @Nto tze


 

Artikel ini telah dibaca 73 kali

Baca Lainnya