Daerah Pemerintahan Pendidikan Peristiwa

Sabtu, 14 Januari 2023 - 23:42 WIB

3 minggu yang lalu

logo

Siswa SDN Patemon dengan hasil karya kerajinan tangannya. Sabtu (14/01/2023).

Siswa SDN Patemon dengan hasil karya kerajinan tangannya. Sabtu (14/01/2023).

Masuk Semester II SDN Patemon Tanah Merah Programkan Siswanya Membuat Makanan dan Minuman Lokal

Bangkalan | klikku.net – Pelaksanaan program merdeka mengajar pada lembaga sekolah dasar negeri kini menginjak pada semester kedua semenjak diresmikan untuk dilakukan pada lembaga yang terpilih, hal itu diantaranya dijumpai pada Lembaga SDN Patemon Tanah Merah Bangkalan yang terpilih sebagai sekolah penggerak.

Pada hari Sabtu (14/01) para siswa membuat beberapa proyek karya profil pelajar pancasila berupa parcel dari bahan sederhana, karya itu kata Siti Fauziah Kepala SDN Patemon Tanah Merah Bangkalan dilakukan pada semester kedua di lembaga sekolahnya.

“Kegiatan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) tema kewirausahaan ini agar anak didik kami dapat membuat parcel karya kekinian dengan kreasi sendiri dan dapat mengaplikasikan dalam lingkungan rumah dan masyarakat, kegiatan ini memang wajib dilaksanakan bagi sekolah penggerak,” ujar Ucek panggilan dari Siti Fauziah tersebut menyampaikan penjelasannya. Sabtu (14/01) pada media ini.

Kegiatan yang dilaksanakan di SDN Patemon tersebut kata Ucek merupakan program semester II dengan tema kewirausahaan para siswa dikenalkan dengan keterampilan, siswa pada semesters II ini diharapkan bisa membuat parsel untuk hadiah saat teman, kerabat atau orang tuanya merayakan momen spesial seperti memperingati hari ulang tahun.

“Tahapannya yakni anak didik membawa bahan karton bekas, lem bolak-balek dan permen, untuk kelas satu dan dua sedangkan kelas tiga dan empat membawa permen dan biskuit, kemudian diminta membuat huruf depan untuk namanya sendiri, kemudian dibentuk, diberi isolasi bolak-balik kemudian menata permen itu dikarton yang sudah dibentuk sesuai nama depannya,” kata Uck sembari memperlihatkan saat proses siswanya membuat kerajinan tersebut.

Selain membuat kerajinan tangan itu Ucek juga merencanakan anak didiknya untuk membuat karya berupa memasak makanan sesuai kearifan lokal yang biasa ditemukan dilingkungan tempat tinggal siswanya dengan mendatangkan langsung nara sumber penduduk lokal atau orang tua siswa, juga ditambah pada semester II ini akan membuat minuman herbal.

“Mudah-mudahan bisa dilaksanakan di smester II dan nantinya akan disampaikan pada masyarakat seperti yang kemarin. Setidaknya dimemori anak didik ada pembelajaran yang berkesan dan bisa sebagai bekal ketika sudah dewasa,” kata Ucek menambahkan keterangannya.


Reporter : Anam

Artikel ini telah dibaca 109 kali

Baca Lainnya