Nasional Pemerintahan Peristiwa Politik

Selasa, 17 Januari 2023 - 14:52 WIB

2 minggu yang lalu

logo

M Makmur Waka AKD Bangkalan Jawa Timur saat perjalan menuju Senayan. Senin hingga Selasa (16-17/01/2023).
Klikku dok Anam.

M Makmur Waka AKD Bangkalan Jawa Timur saat perjalan menuju Senayan. Senin hingga Selasa (16-17/01/2023). Klikku dok Anam.

AKD Kabupaten Bangkalan Dukung DPR RI dan Pemerintah Pusat Kabulkan Jabatan Kades Sembilan Tahun

Jakarta | klikku.net — Gabungan kepala desa kini menghiasai depan Kantor DPR RI Senayan Jakarta, pada hari ini Selasa (17/01) mereka kompak hadir untuk menyuarakan dukungan pada pemerintah pusat untuk menetapkan durasi jabatan kepala desa sembilan tahun dari sebelumnya enam tahun dalam setiap periode.

Dalam peristiwa itu M Makmur S.E Wakil Ketua AKD Kabupaten Bangkalan yang turut hadir secara langsung menegaskan dalam aksi damai itu pihaknya berdasarkan dari banyak pertimbangan menegaskan sepakat dan mendukung usulan penambahan masa periodenisasi itu agar disahkan oleh pemerintah pusat.

”Kami AKD (Asosiasi Kepala Desa) Kabupaten Bangkalan ikut aksi damai ke Jakarta Indonesia, kami membawa aspirasi menegaskan agar pemerintah mengabulkan masa jabatan kepala desa dari enam menjadi sembilan tahun pada DPR RI dan Pemerintah Pusat,” terang M Makmur S.E Waka AKD yang berharap aspirasinya dikabulkan.

Pegang mic M. Makmur menyampaikan aspirasinya secara langsung didepan halaman kantor DPR RI Senayan Jakarta.

Aspirasi itu kata M Makmur S.E demi kesejahteraan dan kemaju semua desa di Indonesia khususnya ratusan desa di Kabupaten Bangkalan, Provinsi Jawa Timur.

”Kami meminta DPR RI dan Pemerintah pusat agar mengabulkan aspirasi kami para kepala desa demi kepentingan kesejahteraan bersama seluruh lapisan masyarakat,” tegas M. Makmur menyampaikan latar belakang bergabungnya dalam aksi unjuk rasa damai di Halaman Kantor DPR RI Senayan tersebut.

Ratusan kepala desa dari Kabupaten Bangkalan diketahui melakukan perjalan menuju Jakarta menggunakan bus, pemberangkatannya pada Senin (16/01) sore kemarin.

Berpijak pada Pasal 39 UU No 6 Tahun 2014 tentang Desa : Kepala Desa memegang jabatan selama 6 (enam) tahun terhitung sejak tanggal pelantikan. Kepala Desa dapat menjabat paling banyak 3 (tiga) kali masa jabatan secara berturut-turut atau tidak secara berturut-turut.


Reporter : Anam

Artikel ini telah dibaca 353 kali

Baca Lainnya