Daerah

Selasa, 24 Januari 2023 - 17:17 WIB

1 minggu yang lalu

logo

Aliyadi Mustofa, Ketua Komisi B DPRD Jawa Timur

Aliyadi Mustofa, Ketua Komisi B DPRD Jawa Timur

Jelang 100 Tahun NU, Aliyadi Mustofa : NU Turut Andil Besar Dalam Kemerdekaan RI

SAMPANG | klikku.net – Menjelang seratus tahun atau satu abad Nahdlatul Ulama (NU) yang akan dirayakan pada 7 Februari 2023, Ketua Komisi B DPRD Jawa Timur, Aliyadi Mustofa mengungkapkan bahwa Nahdlatul Ulama turut andil besar dalam kemerdekaan RI, Selasa (24/01/2023).

Menurut Aliyadi Mustofa, warga Nahdliyin harus bangga atas lahirnya NU. Karena sampai saat ini NU merupakan salah salah organisasi terbesar, juga turut andil dalam memperjuangkan kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Nahdlatul Ulama dan Pondok Pesantren selain turut andil dalam kemerdekaan Republik Indonesia (RI), NU dan Pondok Pesantren juga terus merawat kebhinekaan   di Indonesia. Salah satu yang paling bisa kita nikmati adalah bagaimana NU melestarikan tradisi bangsa yang baik, dan menjaga nilai-nilai kebangsaan,” tuturnya.

Dirinya mengungkapkan bahwa kontribusi NU kepada Bangsa dan Negara tidak diragukan lagi. “Karena itu, saya selaku Ketua DPRD Komisi B Jawa Timur terus mendesak pemerintah untuk segera mewujudkan gelar pahlawan nasional kepada Mbah Cholil Bin Abdul Latif Bangkalan, sebagai inisiator lahirnya ormas terbesar di dunia ini,” tuturnya.

Aliyadi juga menambahkan, bahwa NU punya andil besar menjaga keutuhan bangsa. Terbukti banyak pihak yang bersikeras menggeser Pancasila sebagai ideologi bangsa.

“Akan tetapi NU, tetap berdiri tegak. Menyelami makna Pancasila, dan tetap meyakini betapa ideologi yang digagas pendiri bangsa ini dan terus mengakomodir semuanya. Serta penghayatan ini tertanam di dalam seluruh organisasi badan otonom NU,” imbuhnya.

Terakhir Aliyadi menegaskan, nilai-nilai kebangsaan ini diinternalisasikan oleh seluruh kader NU, dari pusat hingga ke desa-desa.

“Nilai-nilai kebangsaan yang dianut menjadi pedoman nahdliyin dan NU berada di garda depan menjaga keutuhan negeri. Oleh Sebab itulah saya sebut, bahwa satu abad NU bukan sekadar catatan umur organisasi, tapi catatan sejarah, NU berkontribusi besar untuk kesatuan NKRI,” tandasnya.


Reporter : Anaf

Artikel ini telah dibaca 148 kali

Baca Lainnya