Daerah Pendidikan

Sabtu, 13 Mei 2023 - 22:33 WIB

1 tahun yang lalu

logo

Pembukaan Bimtek EDM dan eRKAM di Surabaya (Doc. anaf/klikku)

Pembukaan Bimtek EDM dan eRKAM di Surabaya (Doc. anaf/klikku)

Kemenag Sampang Gelar Bimtek EDM dan eRKAM di Surabaya

SURABAYA | klikku.net – Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Sampang, menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) gelombang pertama tentang penerapan Evaluasi Diri Madrasah (EDM) dan Rencana Kerja Anggaran Madrasah Berbasis Elektronik (eRKAM) di Kota Pahlawan, Surabaya, Sabtu (13/05/2023).

Kegiatan tersebut diikuti sebanyak 492 peserta, terdiri dari Kepala Madrasah, Bendahara dan Operator Madrasah dari Madrasah Ibtidaiyah (MI) dan Madrasah Tsanawiyah (MTs).

Kepala Seksi (Kasi) Pendidikan Madrasah (Pendma) Kemenag Sampang, H Wahyu Hidayat saat memberikan laporan panitia pada acara pembukaan bimtek tersebut mengatakan, bahwa kegiatan ini diikuti sebanyak 492 peserta yang dibagi pada tiga tempat, yakni Hotel Tunjungan, Hotel Holiday In dan Hotel Arcadia.

“Sebanyak 195 peserta berada di Hotel Tunjungan, 92 peserta di hotel Holiday In dan di Hotel Arcadia sebanyak 205 peserta. Dengan jumlah total 492 peserta,” tuturnya.

Menurut Wahyu, tujuan dari pada Bimtek EDM dan eRKAM untuk memberikan keterampilan dan pengetahuan pada Tim Inti Madrasah (TIM).

“Sehingga nantinya terbentuk TIM yang bisa melaksanakan dan menerapkan EDM dan eRKAM ini pada madrasah masing-masing,” harapnya.

Ia juga menyampaikan, dalam kegiatan Bimtek yang digelarnya telah dibentuk Tim Kreatif untuk mempublikasi setiap acara di media sosial (Medsos).

“Kegiatan yang akan berlangsung selama 3 hari kedepan ini akan dipublikasi oleh Tim Kreatif di berbagai medsos, dari itu Kemenag Sampang ini sudah On Digital,” ungkapnya.

Terakhir, Wahyu berpesan agar peserta serius dalam mengikuti kegiatan bimtek yang digelarnya tersebut.

“Ikuti kegiatan bimtek ini secara serius dan maksimal, agar nanti bisa diterapkan di Madrasahnya,” tandasnya.

Ditempat yang sama, Kepala Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kabupaten Sampang, H Abd Wafi, meminta peserta agar mengikuti kegiatan Bimtek dengan serius dan disiplin, sehingga setiap materi yang disampaikan dapat terserap dengan baik dan dapat diaplikasikan.

“Ikuti bimtek ini dengan serius dan disiplin. Kuasai materi, jika tidak paham tanyakan dan diskusikan sampai benar-benar paham,” tuturnya.

lebih lanjut Abd Wafi berharap, Madrasah yang menjadi peserta bimtek mampu memotret secara tepat kelemahan dan keunggulan yang dimiliki madrasahnya masing-masing

“Agar nantinya maksimal dalam pencapaian 8 Standar Nasional Pendidikan” harapnya.

Selanjutnya, dengan pembacaan basmalah H Abd Wafi membuka secara resmi kegiatan bimtek tersebut.

“Dengan membaca basmalah bersama-sama, bimtek EDM dan eRKAM resmi dibuka,” tutupnya.


Reporter : Anaf

Artikel ini telah dibaca 1460 kali

Baca Lainnya