Ekonomi Bisnis Internasional Pemerintahan

Selasa, 16 Mei 2023 - 07:30 WIB

1 tahun yang lalu

logo

Misi Dagang Pemprov Jatim di Hong Kong Catat Transaksi Rp11 T

Surabaya | klikku.net – Pemerintah Provinsi Jawa Timur mencatat transaksi senilai Rp1,1 triliun, dalam kegiatan misi dagang dan investasi yang digelar setengah hari di negara Hong Kong, Senin (15/5).

“Ini memecahkan rekor komitmen transaksi sepanjang program misi dagang dan investasi, yang dilaksanakan Pemprov Jatim di dalam maupun luar negeri,” ujar Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa melalui keterangan tertulis yang diterima di Surabaya.

Kegiatan yang berlangsung di Hotel Regal Hong Kong itu, diikuti sekitar 200 peserta. Terdiri dari Delegasi Provinsi Jatim, jajaran Konsulat Jenderal Republik Indonesia di Hong Kong, serta puluhan pelaku usaha dari kedua belah pihak.

Terdata transaksi yang berhasil dilepas ialah komoditi produk olahan kopi, pertanian, fesyen, makanan, ikan beku, aneka keripik buah, alpukat mentega, manggis, kacang mete, meatball, marinated steak, ubi cilembu, kelapa, dan sarang burung walet.

Transaksi terbesar yaitu komoditi kelapa antara CV Illoed Jaya Nusantara dan Feihuang Weida senilai Rp864 miliar. dengan kontrak selama 1 tahun.

Gubernur Khofifah mengungkapkan berbagai inovasi dan kolaborasi terus dilakukan untuk mengakselerasi peningkatan kinerja sumber pertumbuhan ekonomi, termasuk investasi dan nilai ekspor.

“Misi dagang dan investasi di Hong Kong memiliki peran strategis untuk meningkatkan nilai investasi dan perdagangan Jatim,” ujarnya.

Dia memaparkan selama periode 2010 sampai 2022, Hong Kong menduduki peringkat ketujuh dalam daftar negara asal investor di Jatim, dengan total capaian realisasi investasi sebesar 1.353.100.000 dolar Amerika Serikat (AS).

“Kami berharap setelah menggelar langsung misi dagang dan investasi Jatim di Hong Kong akan ada peningkatan nilai investasi. Tentunya juga diharapkan terjadi peningkatan nilai perdagangan antara Jatim dan Hong Kong,” ucapnya.

Di wilayah luar negeri, sebelumnya Gubernur Khofifah juga telah menggelar misi dagang dan investasi yang terbilang sukses dilaksanakan di Riyadh, Arab Saudi pada November 2022, Kuala Lumpur, Malaysia pada Desember 2022 dan Dili, Timor Leste pada Maret 2023.


 

Artikel ini telah dibaca 161 kali

Baca Lainnya