Lifestyle

Rabu, 20 September 2023 - 03:20 WIB

8 bulan yang lalu

logo

Contoh Alat Musik Ritmis dan Cara Memainkannya

Alat musik memiliki banyak jenis, mulai dari melodis hingga ritmis. Perbedaan ini bergantung pada bunyi yang dihasilkannya. Alat musik ritmis tidak memiliki nada, melainkan menghasilkan irama. Berbeda dengan alat musik melodis seperti piano atau gitar yang memiliki susunan nada.

Berikut pengertian, contoh alat musik ritmis, dan cara memainkannya. Alat musik ritmis umumnya dimainkan dengan cara dipukul, ditabuh, atau digoyangkan. Berikut contoh alat musik ritmis tradisional dan modern beserta cara memainkannya.

  1. Gong

Gong adalah alat musik ritmis tradisional yang dimainkan dengan cara dipukul dengan alat penabuh. Gong biasa digunakan untuk mengiringi ansambel gamelan. Material alat musik gong terbuat dari leburan logam perunggu yang dibentuk hingga menyerupai piringan besar dengan poros cembung di tengahnya.

  1. Kendang

Kendang termasuk dalam alat musik gamelan lainnya yang berasal dari Jawa. kendang terbuat dari kayu berbentuk silinder dan dilapisi kulit hewan seperti lembu atau kerbau sebagai membrannya. Cara memainkan kendang yakni dengan ditabuh dengan tangan kosong. Meski, ada beberapa jenis kendang yang menggunakan stik sebagai alat penabuhnya.

  1. Rebana

Rebana merupakan alat musik khas suku Melayu yang dimainkan dengan cara dipukul atau ditepuk. Di sejumlah daerah, alat ini dinamai terbang. Alat musik ini terbuat dari kayu jati, nangka, mangga, maupun mahoni. Sementara membrannya terbuat dari kulit kambing. Tepukan rebana ini biasanya menjadi pengiring kasidahan ataupun tarian tradisional.

  1. Bedug

Bedug juga merupakan instrumen tradisional yang dimainkan dengan cara ditabuh. Saat ini, bedug kerap digunakan dalam kegiatan ritual keagamaan, misalnya dibunyikan saat waktu salat atau sembahyang tiba. Bedug menghasilkan suara khas yang rendah dan berat namun pantulan bunyinya dapat terdengar jauh.

  1. Tifa

Tifa adalah alat musik tradisional yang ditemukan di Indonesia bagian timur seperti Maluku dan Papua. Sekilas wujudnya mirip seperti kendang, tetapi ukurannya lebih kecil dan ramping. Cara memainkan alat musik tifa juga tidak jauh berbeda dengan gendang yaitu dengan cara ditabuh.

Biasanya kayu yang digunakan sebagai bahan utama untuk membuat tifa adalah pohon waru, apo, atau kokota. Sementara kulit yang digunakan sebagai penutup berasal dari kulit rusa yang dikeringkan.

  1. Drum

Drum termasuk alat musik ritmis modern yang mirip seperti instrumen tabuh tradisional Indonesia. Hanya saja, bagian membrannya terbuat dari bahan sintetis yang elastis.

Cara memainkannya dengan cara memukul menggunakan pemukul atau stik khusus bermaterial kayu.

Artikel ini telah dibaca 4004 kali

Baca Lainnya