Ekonomi Bisnis Kesehatan Komunitas

Minggu, 22 Oktober 2023 - 13:45 WIB

4 bulan yang lalu

logo

Berdayakan Ekonomi Masyarakat, Ikasdasa Gelar Baksos Sego Rongewu dan Program Gerebek Kampung

Surabaya | klikku.net – Ikatan Alumni SMPN 10 Surabaya (Ikasdasa) dan Baksose Suroboyo kembali menggelar Baksos Sego Rongewu.

Kali ini, kegiatan penjualan paket nasi layak gizi seharga 2000 tersebut, dilaksanakan di Kelurahan Kebonsari, Kecamatan Jambangan, Minggu (22/10).

Menurut Ketua Ikasdada Bambang Udi Ukoro, pihaknya secara rutin menggelar baksos Sego Rongewu di lokasi berbeda, setiap bulannya. Dengan tujuan mengajak masyarakat dan kaum dhuafa, untuk gemar sedekah.

“Kami ingin mengedukasi masyarakat. Bahwa untuk bersedekah, tidak harus menunggu kaya. Melalui kegiatan ini, dengan membeli paket nasi kotak layak gizi seharga Rp2 ribu. Masyarakat dan kaum dhuafa, dapat ikut bersedekah kepada sesama,” ujarnya.

Bambang menambahkan, dalam kegiatan ini pihaknya juga ingin memberdayakan ekonomi masyarakat, melalui program Gerebek Kampung.

“Kami bekerjasama dengan 3 perusahaan, yakni sepatu Trekker, pakaian merk Caesar, dan enamel atau peralatan dapur merk Ideal dari Kita Group. Dan mengajak masyarakat menjadi pedagang atau reseller, dari produk-produk tersebut. Tentunya dengan harga spesial. Hingga bisa dijual murah pada masyarakat,” ungkapnya.

Kegiatan ini juga didukung sejumlah pihak. Diantaranya Lions Club Sidoarjo Grand, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya yang memberikan layanan pemeriksaan kesehatan secara gratis, pameran hewan reptil dari Komunitas Reptil Surabaya, serta penjualan paket sembako murah.

Penjualan barang murah dalam program Gerebek Kampung

Sementara itu, Camat Jambangan Ahmad Yardo Wifaqo sangat mengapresiasi kegiatan ini.

“Ini adalah kegiatan yang luar biasa. Karena mengajarkan nilai luhur, bahwa masyarakat kurang mampu atau yang belum beruntung secara ekonomi, ternyata juga bisa bersedekah untuk sesama,” ujarnya.

Dia berharap, kegiatan ini bisa digelar secara merata di seluruh kota Surabaya. “Kami selaku perwakilan pemerintah, mengajak pihak swasta, akademisi, dan kelompok-kelompok masyarakat. Untuk terlibat dan ikut serta, dalam kegiatan semacam ini,” ungkapnya.

Kegiatan baksos Sego Rongewu, dibuka dengan senam bugar bersama, yang berhadiah puluhan doorprize menarik. Dan ditutup dengan pemberian mushaf Al Quran pada tokoh masyarakat setempat.

Selain itu, masyarakat yang hadir juga dihibur musik dari musisi Baksose Suroboyo. Dan untuk memperingati Hari Sumpah Pemuda, juga dilaksanakan lomba fesyen bagi lansia.


 

Artikel ini telah dibaca 906 kali

Baca Lainnya