Ekonomi Bisnis

Selasa, 24 Oktober 2023 - 08:55 WIB

4 bulan yang lalu

logo

Hotel Ciputra World Surabaya Rayakan International Chef Day dengan Kelas Dim Sum

Surabaya | klikku.net – Merayakan International Chef Day yang diperingati setiap 20 Oktober, Hotel Ciputra World Surabaya gelar Cooking Class Dim Sum dan Dim Sum Plating Competition.

Kegiatan ini dibuka dengan sambutan F&B Manager Hotel Ciputra World Surabaya Jumali. Sekaligus memulai kelas memasak dim sum.

Dalam kelas ini, Chef Jumali mengajarkan cara membuat berbagai dim sum, seperti siomay, wonton, hakau, kuotie, dan xiao long bao. Para peserta yang didominasi praktisi kuliner sangat antusias mengikuti kelas tersebut.

Sebab, mereka berkesempatan membuat langsung berbagai bentuk dim sum yang diajarkan. “Membuat dim sum tidak bisa sekali atau dua kali. Harus banyak berlatih agar terbiasa”, ungkap Chef Jumari.

Kelas juga dilanjutkan dengan dim sum plating, yang dipimpin oleh Chef Irfan selaku Jr. Sous Chef, Hotel Ciputra World Surabaya. Chef yang sudah berpengalaman di berbagai negara dan benua itu pun, mengajarkan bagaimana cara menata dim sum di atas piring dengan metode classic hingga modern.

Dim sum yang biasanya disajikan di dalam keranjang pun, terlihat sangat cantik setelah dihias di atas piring. Setelah cooking class selesai, peserta dapat menikmati makan siang, sekaligus hasil karya mereka saat kelas tadi.

Acara dilanjutkan dengan Dim Sum Plating Competition. Ini adalah acara yang paling ditunggu-tunggu, dimana para peserta memperebutkan berbagai hadiah menarik bagi 3 pemenang terbaik.

Kompetisi yang berlangsung di Executive Lounge ini berlangsung sengit. Para peserta hanya diberi waktu 45 menit untuk membentuk dim sum serta menghias di atas piring menjadi sajian yang menarik.

Ada 5 kriteria yang harus dipenuhi yaitu konsep, tingkat kesulitan, kreatifitas, kebersihan dan kerjasam tim. Pemenang terbaik jatuh pada kelompok Hue Surabaya yang berhasil mendapatkan kesempatan menginap gratis di Hotel Ciputra World Surabaya bagi masing-masing peserta.

“Tahun ini, kami gelar cooking class dim sum. Karena dim sum saat ini sedang tren di Indonesia, khususnya di Surabaya. Kami ingin membagikan ilmu kepada para praktisi kuliner dari Chef kami yang sudah berpengalaman puluhan tahun,” Stephanie Caroline, Marketing Communication Hotel Ciputra World Surabaya, Selasa (24/10).

“Selain itu, saat ini food plating bisa dijumpai tidak hanya di hotel, tetapi di kafe atau restaurant. Sehingga materi ini sangat positif untuk diberikan kepada teman-teman, yang ingin memulai usaha kuliner. Atau yang sudah bergelut di bidang kuliner ini,” pungkasnya.


 

Artikel ini telah dibaca 701 kali

Baca Lainnya