Pendidikan

Selasa, 24 Oktober 2023 - 13:19 WIB

9 bulan yang lalu

logo

Junjung Kebersamaan & Keutuhan ITS, 20 Bakal Calon Rektor ITS Periode 2024-2029 Deklarasi Damai 

Surabaya | klikku.net – Suksesi kepemimpinan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) untuk masa jabatan 2024 – 2029 sudah mulai bergulir, melalui proses Pemilihan Rektor (Pilrek).

Setelah melalui periode pendaftaran hingga 19 Oktober lalu. Secara resmi terseleksi 20 pendaftar Bakal Calon Rektor (Bacarek) ITS, yang telah mengambil nomor urut dalam proses pengundian, di Ruang Sidang Utama Gedung Rektorat ITS, Selasa (24/10).

Menurut Ketua Majelis Wali Amanat (MWA) ITS Prof Dr Ir Mohammad Nuh DEA, pendaftaran calon Rektor ITS diikuti 104 kandidat yang mendaftar.

“Dari 104 kandidat tersebut, hanya 20 orang yang berhasil menyelesaikan berkas pendaftaran. Alhamdulillah, pendaftar bacarek dari setiap periode terus meningkat. Ini menandakan bahwa proses regenerasi kepemimpinan di ITS berjalan dengan baik,” tuturnya.

Mantan Menkominfo itu menambahkan, Pilrek ITS akan berlangsung dengan komitmen, untuk tetap menjaga keutuhan dan kebersamaan ITS. Komitmen ini dinyatakan dalam Deklarasi Damai yang secara bersama-sama, diikrarkan oleh 20 bacarek ITS. “Kita lakukan pemilihan rektor ini dengan rasa kekeluargaan, bukan kompetisi,” tegasnya mengingatkan.

Sebelumnya, para bacarek terdaftar telah memenuhi berbagai persyaratan yang diwajibkan. Meliputi cek kesehatan fisik dan jiwa, dokumen Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN), dan lainnya.

Ketua Panitia Pemilihan Calon Rektor ITS Prof Dr Ir Triyogi Yuwono DEA IPU AEng menambahkan. Setelah mengambil nomor urut, kedua puluh bacarek ini akan melanjutkan ke tahapan berikutnya.

“Tahap selanjutnya adalah pemaparan rencana strategis dalam lima tahun ke depan, yang akan berlangsung pada tanggal 13 – 14 November 2023. Nantinya, saat kegiatan pemaparan ini, seluruh sivitas akademika ITS dapat mengajukan pertanyaan secara terbuka kepada para bacarek,” ungkap mantan Rektor ITS periode 2011 – 2015 tersebut.

Sementara itu, Rektor ITS Prof Dr Ir Mochamad Ashari MEng IPU AEng mengungkapkan dukungan kepada para bacarek periode 2024 – 2029 mendatang.

“Ini sebagai bagian regenerasi kepemimpinan. Apalagi, calon rektor yang diperbolehkan mendaftar kali ini, maksimal berusia 60 tahun, pada saat pergantian masa jabatan rektor pada April 2024 mendatang,” ujarnya.

Ia berharap, rektor yang kelak akan menggantikannya, dapat memaksimalkan strategi untuk mewujudkan Rencana Induk Pengembangan (Renip) ITS, yang telah disusun hingga 2045.

“Melalui regenerasi ini, diharapkan rektor selanjutnya akan lebih lincah dan dinamis, dalam mewujudkan cita-cita ITS,” pungkas Ashari optimistis.


 

Artikel ini telah dibaca 221 kali

Baca Lainnya