Pendidikan

Selasa, 24 Oktober 2023 - 08:30 WIB

8 bulan yang lalu

logo

Penemu Vaksin AstraZeneca Dr. Carina Joe, Berbagi Kisah Inspiratifnya di UKWMS

Surabaya | klikku.net – Rasa kepedulian terhadap kemanusiaan dan kesejahteraan manusia, mengantarkan sosok Dr. Carina Citra Dewi Joe menjadi penemu vaksin Covid-19 Oxford AstraZeneca.

Kisah inspiratifnya itu, dia bagikan saat menjadi pembicara dalam sesi Inspiring Insights, di Ruang Widya Manggala, Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya (UKWMS) kampus Pakuwon City.

Dr Carina Joe menceritakan, bahwa membuat dan memproduksi vaksin Covid-19 Oxford AstraZeneca seorang diri, bukanlah perkara mudah.

“Saat itu, kondisi sedang lock down. Seorang diri, saya harus meghabiskan waktu bekerja 16-18 jam setiap hari di laboratorium. Kerjanya harus cepat dengan batas waktu yang mepet. Karena tidak memungkinkan adanya penambahan personil,” ujarnya.

Dia menambahkan, sebelumnya telah bekerja sebagai peneliti di Australia selama tujuh tahun. Atas rasa kepedulian pada kemanusiaan, Carina memutuskan pindah ke Inggris, untuk bergabung dengan Oxford University.

“Karena bekerja di bidang kesehatan. Maka tujuan saya untuk kemanusiaan dan kesejahteraan manusia. Dan walau dalam waktu yang sulit, tetap harus bisa berpikir dan mengambil keputusan yang tepat,” ungkapnya.

Inovasi yang dilakukan Carina, turut mendukung tercapainya Sustainable Development Goals (SDG). Yang merupakan aspek-aspek dalam kehidupan manusia di dalam masyarakat, yang diperkirakan harus maju untuk mencapai kesejahteraan.

Kisah inspiratif Dr Carina Joe, menggugah UKWMS untuk kembali mengundangnya, dalam sesi Inspiring Insights.

Dibawakan dalam format talkshow, tema yang diusung adalah Inovasi Sains untuk Kesejahteraan Manusia: Kisah Sukses Carina Joe serta Dampaknya pada Pencapaian SDG 3 dan 9.

Dalam kegiatan itu hadir juga pembicara lainnya, Dr. Ramon Eguia Nadres dari Fakultas Filsafat UKWMS, dan Datu Hendrawan sebagai moderator.

Khusus pada sesi ini, fokus pada SDG 3 yakni Good Health and Well Being. Dan SDG 9 yakni Industry, Innovation, and Infrastructure.

“Berkaitan dengan SDG 3, penemuan vaksin AstraZeneca bermanfaat bagi kemanusiaan. Dan herd immunity, telah tercapai dengan adanya vaksin. Sedangkan pada SDG 9, ketersediaan vaksin AstraZeneca merupakan hasil inovasi. Dan untuk mendukung proses produksinya, dibutuhkan industri dan infrastruktur yang mendukung,” tutur Dr. Ramon.

Melalui pengalaman dan kemampuan Dr Carina Joe. Dr Ramon berharap sivitas akademika UKWMS bisa terus menumbuhkan rasa kepedulian kepada sesama. Serta memiliki karya yang berdampak serta berkelanjutan di masyarakat.


 

Artikel ini telah dibaca 242 kali

Baca Lainnya