Pendidikan

Selasa, 24 Oktober 2023 - 17:41 WIB

4 bulan yang lalu

logo

Unair Tambah Enam Guru Besar Baru untuk Perkuat Kebermanfaatan bagi Masyarakat

Surabaya | klikku.net – Universitas Airlangga (Unair) kembali menggelar pengukuhan guru besar baru pada Rabu (25/10). Menurut Rektor Prof Dr Mohammad Nasih SE MT Ak, terdapat enam guru besar yang resmi dikukuhkan.

“Besok kita akan kukuhkan enam guru besar baru dengan disiplin ilmu yang beragam. Tetapi, semua ujungnya bermuara pada pemanfaatan dari apa-apa yang maha kuasa sediakan,” ujar Prof Nasih saat jumpa pers, Selasa (24/10).

Keenam guru besar itu adalah Prof Dr Akhmad Taufiq SPi MSi, Prof Dr Muhamad Nafik Hadi Ryandono SE MSi, Prof Dr Muryani DraEc MEMD, Prof Rr Retno Widyowati SSi Apt MPharm PhD, Prof Dr Eduardus Bimo Aksono Herupradoto drh M.Kes, dan Prof. Dr. Eighty Mardiyan Kurniawati dr SpOG (K).

Prof Nasih menambahkan, saat pengukuhannya nanti, para guru besar akan mempresentasikan penelitian dan penemuan-penemuan yang mereka hasilkan. Diantaranya dalam bidang perikanan, peternakan, kesehatan, hingga ekonomi.

“Mulai dari bagaimana ternak ikan dan sapi bisa lebih optimal dan produktif. Juga bagaimana mekanisme transaksi berkaitan dengan perekonomian dan pemanfaatan lahannya, termasuk transaksi ekonominya dengan pasar ta’awun,” ungkapnya.

Sementara dalam bidang kesehatan, akan dipaparkan penelitian terkait ilmu kesehatan tradisional, yang telah berkembang di masyarakat.

“Kita memetakan obat-obat herbal atau jamu, yang sudah lama dimanfaatkan masyarakat. Ini merupakan pembuktian empirik ilmiahnya. Untuk memberikan kepastian, bahwa ramuan herbal memang terbukti manfaatnya,” tuturnya.

“Dan yang terakhir nanti, akan berkaitan dengan bagaimana rekonstruksi urologi. Terkait persoalan persalinan, mengandung, dan sejenisnya.” ujarnya

Prof Nasih menegaskan, ilmuwan yang dalam hal ini adalah para guru besar, berkewajiban untuk mendalami, memperhatikan, dan meneliti perihal alam semesta.

Dia berharap, kemampuan lebih para guru besar itu, harus bisa menebarkan kebermanfaatan bagi seluruh masyarakat.

“Yang bisa memahami alam semesta ini adalah para ilmuwan. Mereka dibekali kemampuan khusus, untuk bisa menganalisis secara objektif. Bukan untuk ilmu semata, tetapi juga kemaslahatan umat manusia,” ungkapnya.

“Kami sangat senang, karena hasil penelitian para guru besar kami, kebermanfaatannya bisa dirasakan masyarakat luas. Kami yakin, dengan tambahan enam guru besar ini. Unair akan semakin kuat lagi, untuk bisa bermanfaat bagi umat manusia,” pungkasnya.


 

Artikel ini telah dibaca 84 kali

Baca Lainnya