Komunitas Pemerintahan Peristiwa

Rabu, 25 Oktober 2023 - 13:16 WIB

4 bulan yang lalu

logo

Peringati Bulan Pengurangan Resiko Bencana, BPBD Surabaya gelar Rangkaian Kegiatan Sosial 

Surabaya | klikku.net – Dalam rangka memperingati Bulan Pengurangan Resiko Bencana, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Surabaya menggelar serangkaian kegiatan selama 3 hari.

Pada hari pertama, yakni Rabu (25/10) digelar kegiatan sosial. Diantaranya adalah pemeriksaan kesehatan gratis, donor darah, santunan pada anak yatim, penjualan sembako murah, pameran produk-produk UMKM, serta Gerebek Kampung.

Pada hari kedua atau Kamis (26/10), dilaksanakan sosialisasi dan mitigasi bencana. Dengan menghadirkan sejumlah siswa-siswi SD. Dan pada hari ketiga, dilaksanakan kerja bakti bersama.

Dalam sambutannya, saat membuka kegiatan, Sekda kota Surabaya Dr. Ikhsan, S.Psi, MM menyatakan, bahwa kegiatan ini bertujuan menggugah masyarakat untuk semakin peduli pada sesama.

“Peringatan Bulan Pengurangan Resiko Bencana dimulai setelah adanya bencana di Kendari, sekitar 8 tahun lalu. Saat itu diputuskan secara nasional, agar ada kegiatan Bulan Pengurangan Resiko Bencana,” ujarnya, Rabu (25/10).

Ikhsan menambahkan, untuk itu BPBD Kota Surabaya memperingati dengan melakukan sejumlah kegiatan sosial.

Sekretaris BPBD Surabaya Bambang Udi Ukoro saat mendonorkan darahnya

“Diantaranya kegiatan donor darah dan pemeriksaan kesehatan secara gratis, yang bisa diikuti masyarakat umum. Selain itu adalah sosialisasi & mitigasi bencana bagi siswa. Serta kerja bakti bersih-bersih sungai,” tambahnya.

Dia berharap, masyarakat semakin peduli untuk membantu sesamanya. “Dengan banyak berdoa dan membantu sesama di daerah lain. In syaa Allah, Surabaya dijauhkan dari segala macam musibah,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala BPBD Surabaya Laksita Rini Sevriani mengatakan, hari ini pihaknya fokus melakukan kegiatan sosial.

“Jadi ada giat donor darah untuk 300 pendonor. Dimana 100 pendonor pertama bisa mendapatkan doorprize. Kemudian ada pemeriksaan kesehatan gratis untuk 100 peserta. Juga ada penjualan sembako murah untuk 3 komoditi, yakni beras, gula dan minyak goreng,” ujarnya.

Pemberian santunan pada anak yatim

“Dalam kegiatan ini, kami juga melibatkan UMKM dari Kelurahan Jemursari dan Kendangsari. Serta ada tim Gerebek Kampung, yang menjual sepatu, pakaian dan peralatan dapur dengan harga murah,” ungkapnya.

Dia berharap, kegiatan ini bisa membantu masyarakat yang tinggal di sekitar kantor BPBD Surabaya.

“Semoga Surabaya dijauhkan dari segala bala’ dan musibah. Semoga kita juga selalu bisa membantu daerah-daerah yang membutuhkan. Harapannya Surabaya tetap aman dan nyaman. Serta warganya sehat dan ekonomi berjalan dengan baik,” pungkasnya.


 

Artikel ini telah dibaca 3126 kali

Baca Lainnya