Ekonomi Bisnis Pendidikan

Rabu, 25 Oktober 2023 - 16:12 WIB

6 bulan yang lalu

logo

Unusa Pamerkan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) 2023, Ada Selimut Pencegah Hipotermia hingga Dompet Anti Maling

Surabaya | klikku.net – Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa) gelar pameran Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) 2023, Rabu (25/10).

Dari 33 judul yang lolos PKM, kegiatan ini menampilkan 8 karya mahasiswa Unusa yang lolos program PKM Bidang Kewirausahaan.

Diantaranya adalah Heating Blanket, karya mahasiswa Prodi D3 Keperawatan. Dimana, Heating Blanket atau selimut penghangat yang terbuat dari kain teslan ini, terhubung dengan blower untuk mengalirkan udara hangat.

Menurut Ari Wijayanti selaku ketua tim, ide membuat selimut penghangat ini muncul setelah melihat pasien mengalami hipotermia pasca operasi sesar, saat ia praktik di ruang operasi.

“Heating blanket ini dikhususkan pada pasien yang mengalami hipotermia. Jadi selimut ini terhubung dengan blower keong, yang mengalirkan udara hangat. Sehingga pasien tidak lagi kedinginan,” ungkapnya.

Karya lainnya yang cukup menarik, adalah polybag atau plastik wadah sampah berbahan limbah kulit jagung, buatan mahasiswa Fakultas Ekonomi Bisnis dan Teknologi Digital

“Untuk membuatnya, kami lakukan penyulingan serat kulit jagung selama 25 hari. Kemudian dilakukan pengeringan dan dicampur senyawa kimia Glycerol, untuk membentuk unsur plastiknya,” jelas Sevita Eka Anggraeni.

“Untuk produk ukuran 40×40 cm berisi 50 lembar, kami jual seharganya Rp45 ribu. Dari 70 piece yang kami buat, sudah terjual sebanyak 67 piece,” tambahnya.

Selimut pencegah Hipotermia bagi pasien pasca operasi

Karya lain yang dipamerkan adalah Creative Handmade Macrame, atau kerajinan tangan berbahan pelepah pisang. Anbleed Toothbrush atau sikat gigi anti pendarahan, yang terbuat dari bambu dan serat nilon yang halus.

ROKURI atau roti isi berbahan dasar tepung sukun untuk mengurangi diabetes, Guava Mask Whitening, yakni masker kecantikan berbahan jambu guave dan madu untuk mengurangi jerawat.

Smart Wallet atau dompet pintar yang memiliki alat pelacak jika pengguna kehilangan dompet. Serta BIPORA atau Bingkai Poster Bersuara yang bertujuan untuk menambah literasi masyarakat sekitar.

Pada tahun 2023 ini, Unusa menjadi kampus di Jatim yang meloloskan judul terbanyak, dengan total pendanaan sebesar Rp233 juta.


 

Artikel ini telah dibaca 374 kali

Baca Lainnya