Daerah Kasuistika

Jumat, 27 Oktober 2023 - 14:29 WIB

4 bulan yang lalu

logo

CV Briliant Properti Diduga Jual Tanah Kavling Tak Berijin

Gresik | klikku.net –  Usaha pengembang kavlingan yang ada di kabupaten Gresik semakin merajalela, bahkan tidak bisa dihitung dengan jari.

Saat awak media melintas di lokasi daerah Gresik Selatan. Banyak tanah kavlingan yang ada di lokasi tersebut, Jum’at (27/10)

Salah satunya milik CV Briliant Properti, yang berlokasi di Dusun Kasiyan, Desa Lampah, Kecamatan Kedamean, adalah salah satu tanah kavlingan yang diduga tidak mengantongi ijin resmi dari Pemerintah Kabupaten Gresik atau ilegal.

Praktek bisnis tersebut diduga tidak mengantongi ijin dan berpotensi negara dirugikan. Bahkan terjadinya pelanggaran terhadap Peraturan Daerah tentang Rencana Tata Ruang Wilayah (RT/RW) kabupaten Gresik.

Hal tersebut dilakukan oleh para pelaku usaha yang diduga tanpa mengantongi ijin dari obyek usaha tersebut sesuai dengan Undang – Undang Nomor: 1 Tahun 2011 Tentang Perumahan dan Kawasan Pemukiman.

Saat awak media mencoba menghubungi sebut Bram sebagai owner/pengembang melalui pesan what’s app tidak merespon.

Tidak sampai di situ saja saat tim awak media ini mencoba menghampiri kantor CV Briliant Properti Bram tidak ada di tempat untuk konfirmasi terkait usaha tanah kavlingan yang dikelolanya.

Dalam kesempatan yang sama Ketua LSM FPSR Aris Gunawan menjelaskan, sebagai pelaku usaha kapling yang dilaksanakan oleh perorangan itu tetap harus berijin.

Kendati perijinan tanah kaplingan secara leterlek diaturan peraturan daerah kabupaten Gresik, walaupun tidak diatur secara jelas, oleh karena itu pihak yang berwenang / APH harus bertindak tegas kepada pengembang yang melakukan tindakan ilegal, ” pungkas Aris. Widji


 

Artikel ini telah dibaca 335 kali

Baca Lainnya