Pemerintahan Peristiwa

Jumat, 27 Oktober 2023 - 12:36 WIB

4 bulan yang lalu

logo

Pemkot Surabaya & Ratusan Relawan Bersihkan Lautan Enceng Gondok Sungai Kalidami Surabaya

Surabaya | klikku.net – Menutup rangkaian kegiatan peringatan 1 Dekade Bulan Pengurangan Resiko Bencana, BPBD Kota Surabaya melaksanakan kerja bakti bersih-bersih sungai Kalidami di kawasan Wisma Permai, Surabaya, Jumat (27/10).

Menurut Kepala BPBD Surabaya Laksita Rini Sevriani, kerja bakti dan bersih-bersih sungai dari enceng gondok ini, merupakan kegiatan penutup dari rangkaian peringatan 1 Dekade Bulan Pengurangan Resiko Bencana, yang digelar sejak Rabu (25/10).

“Kegiatan ini diikuti sekitar 500 personel gabungan dari berbagai OPD. Selain BPBD, ada dari Satpol PP, DLH, DSDABM, para relawan, serta staf dari wilayah kelurahan Kalisari dan Kecamatan Mulyorejo,” ujarnya.

Rini menambahkan, kegiatannya berupa membersihkan aliran sungai Kalidami dari enceng gondok.

“Ini juga sebagai persiapan menjelang musim penghujan. Apalagi, sungai Kalidami ini langsung bermuara ke laut. Jika alirannya terhambat enceng gondok. Berpotensi bisa menyebabkan banjir, saat musim penghujan nanti,” ungkapnya

Kegiatan diawali dengan apel bersama. Kemudian ratusan personel tersebut, langsung menuju kawasan sungai, yang terbagi menjadi 4 zona.

Selain dibersihkan secara manual, kegiatan ini juga menggunakan alat berat, dan sejumlah perahu karet. Guna membersihkan bagian tengah sungai.

Kegiatan ini melibatkan sejumlah relawan dari Universitas PGRI Adi Buana, relawan Tagana, relawan Perbanusa, relawan Surabaya, relawan Lorong Edukasi, relawan Eco Enzym, relawan Peduli Sungai Surabaya, relawan Komunitas muda-mudi, serta warga setempat.


 

Artikel ini telah dibaca 384 kali

Baca Lainnya