Nasional Pendidikan

Jumat, 27 Oktober 2023 - 10:29 WIB

4 bulan yang lalu

logo

Tim Barunastra dan DNA Hydromodelling ITS Sukses Juarai KKCTBN 2023

Surabaya | klikku.net – Sejumlah mahasiswa Insitut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) kembali menorehkan prestasi gemilang. Kali ini, dengan meraih juara pertama pada ajang perlombaan Kontes Kapal Cepat Tak Berawak Nasional (KKCTBN) 2023, yang digelar di Universitas Indonesia.

Pada kompetisi nasional yang diselenggarakan Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) itu. Tim Barunastra meraih juara I dalam kategori Divisi Pembuatan dan Performa Prototipe Kapal Pariwisata Autonomous Tourism Surface Vehicle (ATSV).

Sementara tim DNA Hydromodelling ITS, meraih juara I dalam kategori Kapal Pariwisata Desain Inovasi dan Teknologi (DIT).

Menurut Sandi Christanto, salah satu mekanik dari tim Barunastra. Dalam kategori ATSV, kapal Nala Athena milik timnya, diharuskan menyelesaikan 5 misi dalam sebuah perjalanan.

“Yakni menyusuri sungai, menyusuri laut, mengambil foto mangrove di atas permukaan laut, mengambil foto ikan-ikan di bawah permukaan laut, serta melakukan tambat di dermaga,” ujarnya, Jumat (27/10).

Kapal Nala Athena saat menjalankan salah satu misi

Sandi menambahkan, untuk keperluan kompetisi ini, kapal Nala Athena telah dilengkapi berbagai sensor & teknologi canggih.

“Kami menggunakan banyak teknologi untuk mendeteksi objek, di atas dan di bawah permukaan air. Juga menggunakan GPS, untuk mengetahui letak keberadaan kapal kami,” ungkap mahasiswa Departemen Teknik Sistem Perkapalan ITS ini.

Selain itu, guna medukung Sustainable Development Goals (SDG) untuk memaksimalkan penggunaan energi bersih. Kapal berbahan serat karbon ini juga dipasangi sejumlah panel surya, agar menghasilkan daya listrik sendiri.

Sementara itu, Tim DNA Hydromodelling ITS merancang sebuah kapal dengan menggunakan teknologi augmented reality (AR) dan metaverse. Kapal yang dirancang harus berdasarkan kriteria dan persyaratan sebuah studi kasus.

Tim yang dipimpin Akhdan Baihaqi ini, merancang sebuah kapal bernama MV Serena, yang disimulasikan mengangkut wisatawan dari Australia ke wisata bahari di Raja Ampat, Papua, dengan fasilitas mewah.

“Sesuai dengan fungsi dan tujuannya, rancangan kapal ini dilengkapi dengan berbagai fitur mewah. Seperti sebuah mini cinema, bar, kolam renang, bahkan sebuah helipad,” ujarnya.

Rancangan kapal MV Serena dari Tim DNA Hydromodelling ITS beserta beberapa inovasinya

“Pada kapasitas maksimal, kapal ini dapat mengangkut 34 penumpang. Serta membutuhkan 34 kru untuk mengoperasikannnya,” ungkapnya.

Usai menjuarai lomba, kedua tim mengungkapkan rasa syukurnya, karena berhasil mendapatkan juara pertama dalam kedua kategori tersebut.

Sandi dan Akhdan yang mewakili timnya berharap, mereka dapat terus berjuang dan mendapatkan prestasi-prestasi membanggakan selanjutnya.

“Target kami selanjutnya adalah bisa menjadi juara, di lomba internasional IRC 2024 di Amerika Serikat, tahun depan,” tandas Sandi optimistis.


 

Artikel ini telah dibaca 58 kali

Baca Lainnya