Daerah Pemerintahan

Sabtu, 28 Oktober 2023 - 11:55 WIB

4 bulan yang lalu

logo

Pj Bupati Bangkalan M. Edie bersama mantan Plt Bupati Bangkalan Drs. Mohni M.M.

Dok Klikku.net.

Pj Bupati Bangkalan M. Edie bersama mantan Plt Bupati Bangkalan Drs. Mohni M.M. Dok Klikku.net.

Respon Realisasi Transparansi APBDes Arosbaya PJ Bupati Bangkalan Minta Kades Tertib Administrasi

Bangkalan |klikku.net— Kini Pemerintah Kabupaten Bangkalan kian serius dalam memaksimalkan pelaksanaan penerapan otonomi daerah dalam pengelolaan APBD hingga APBDes sehingga pihaknya mewanti agar jajarannya bisa secara bersama tertib dalam pengelolaan setiap rupiah dana pemerintah sebab dana tersebut merupakan amanah yang dititipkan masyarakat agar bisa dikelola dengan baik untuk kepentingan bersama.

Dalam pengelolaannya kini M. Arief Edi PJ Bupati Bangkalan menegaskan agar jajarannya khususnya dirinya dengan meminta para Kepala Desa di wilayahnya agar tidak melakukan penyimpangan dalam perealisasian serapan dana desa maupun anggaran dana desa yang bersumber dari pajak masyarakat tersebut.

“Kepala desa agar lebih tertib administrasi juga, jangan menyimpang dari pelaksanaan add (APBDes, red),” ujar M Arief menyampaikan penegasannya.

Pihaknya juga dalam merespon pelaksanaan transparansi dana pemerintah itu meminta pada setiap pejabat terkait agar lebih inten memberikan pemahaman pada masyarakat akan pentingnya pembayaran pajak demi digunakan untuk laju perkembangan kemajuan wilayah.

“Iya, saya masih harus menata OPD (Organisasi Perangkat Daerah atau dinas, red) agar lebih perhatian pada administrasi, kemudian sosialisasi pada masyarakat tentang pentingnya pajak dan retribusi daerah di era Otonomi daerah, dimana hal tersebut sangat berpengaruh pada pembangunan di daerah,” terang M Arief menyampaikan arahannya.

Sebelumnya tokoh birokrasi Bangkalan Thomas Ag menyesalkan atas minimnya keterlibatan BPD Arosbaya dalam pengelolaan APBDes serta menyayangkan minimnya wujud transparansi serapan dana pemerintah sehingga mengakibatkan masyarakat kurang maksimal dalam turut serta mengawal realisasi pelaksanaan setiap serapan dana pemerintah yang berorientasi untuk kesejahteraan masyarakatnya.


Reporter : Anam

Editor : Redaksi

Artikel ini telah dibaca 2025 kali

Baca Lainnya