Daerah Kasuistika Pemerintahan

Sabtu, 28 Oktober 2023 - 09:31 WIB

4 bulan yang lalu

logo

Dok ilust BPD ist Anam klikku.net.

Dok ilust BPD ist Anam klikku.net.

SPJ APBDes Kecamatan Arosbaya Bangkalan Minim Transparansi Pada BPD

Bangkalan | klikku.net— Majunya suatu wilayah dicerminkan dari kualitas sinergitas dari elemen masyarakat, pejabat serta instansi terkait dalam memaksimalkan tugas pokoh dan fungsinya untuk terus mendorong laju pertumbuhan setiap wilayah dan hal itu kini mulai terasa terjadi di wilayah Kecamatan Arosbaya, Kabupaten Bangkalan.

Seperti esensi penerapan transparansi dalam birokrasi pelayanan masyarakat kini mulai santer diperbincangkan oleh kalangan tokoh masyarakat yang juga direspon oleh pejabat terkait dengan tujuan agar yang menjadi harapan bersama dari kenyataan yang terjadi menjadi titik fokus dalam melanjutkan langkah proyeksi bersama penanganannya.

Kini objek perbincangan tersebut yakni poin pembahasannya pada eksistensi pelaksanaan tupoksi Badan Permusyawaratan Desa (BPD) yang dinilai masih jauh panggang dari api keterlibatannya dalam pengelolaan anggaran dana puluhan milyar rupiah setiap tahunnya sehingga para pihak terkait di Kecamatan Arosbaya diharap bisa segera mungkin mengevaluasi diri demi menuju kian baik.

“Kayaknya kalau di Buduran SPJ nya ya pasti ada, tapi SPJ nya tidak terbuka ke BPD nya, Musdes itu hanya rapat simbolis, herannya lagi Muspikanya kok mau hanya dijadika bahan SPJ musdes-musdessan gitu lhoo. Sangat pas pengakuan Mahhud sebagai ketua BPD Makam Agung Ketuanya aja gak tau,” ujar Thomas Ag tokoh birokrat birokrat kabupaten setempat mengungkapkan.

Thomas Ag Tokoh Birokrasi Kabupaten Bangkalan.
Dok Anam klikku.net.

Sementara itu sebelumnya pihak Kecamatan Arosbaya Dedeng Suprapto Sekretaris Kecamatan (Sekcam) Arosbaya dirinya menegaskan jika selama ini keterlibatan BPD dalam mengelola keuangan desa atau APBDes suda sesuai tugas pokok dan fungsinya.

“Bisa ceck sendiri setiap Musdes (Musyawarah Desa) mesti BPD dilibatkan sebab BPD merupakan unsur vital dalam penyusunan APBDes,” kata Dedeng menyampaikan keterangannya.


Reporter : Anam

Editor : Redaksi

Artikel ini telah dibaca 896 kali

Baca Lainnya