Kesehatan Komunitas

Minggu, 29 Oktober 2023 - 12:11 WIB

6 bulan yang lalu

logo

Yayasan Seni Budaya Indonesia China Gelar Seminar Pengobatan Chinese Medicine Bersama Shinse RS Chaoyang Beijing

Surabaya | klikku.net – Yayasan Seni Budaya Indonesia China menggelar seminar kesehatan bertajuk Pengobatan Chinese Medicine, di Restoran Tristar Surabaya, Sabtu (28/10).

Menurut Chandra Wurianto Woo selaku ketua, kegiatan ini menghadirkan para Sinshe ahli dari Rumah Sakit Pengobatan Tradisional Tiongkok dan Barat Terpadu Beijing Chaoyang, Tiongkok.

“Hari ini kita kedatangan tamu dari Rumah Sakit Pengobatan Tradisional Tiongkok dan Barat Terpadu Beijing Chaoyang, untuk berbagi ilmu pengobatan tradisional Tiongkok. Kita bisa belajar ilmu pengobatan akupunktur, diabetes, tulang dan sebagainya,” ujarnya.

Dia juga berharap, para ahli pengobatan tradisional Tiongkok ini bisa sering datang ke Indonesia. Agar membantu bidang pendidikan kesehatan, yang bermanfaat bagi masyarakat Indonesia.

Direktur Rumah Sakit Pengobatan Tradisional Tiongkok dan Barat Terpadu Beijing Chaoyang Liu Huibin  mengatakan, pihaknya sengaja datang untuk melakukan kerjasama bidang pendidikan kesehatan, antara Tiongkok dan Indonesia.

“Kami membawa rombongan ahli. Ada ahli akupunktur, tulang, pijat, dan diabetes. Untuk berbagi pengetahuan dan belajar satu sama lain, dengan rekan-rekan komunitas pengobatan tradisional Tiongkok di Indonesia,” ujarnya.

Dia menambahkan, kedatangan ke Indonesia juga bertujuan untuk mempererat hubungan Indonesia Tiongkok.

“Sebagaimana anjuran Presiden Xi Jinping, yakni one belt one road. Jadi tidak hanya di bidang pendidikan kesehatan saja. Tapi juga semua bidang yang bermanfaat bagi kedua belah pihak,” pungkasnya.

Kegiatan seminar dibagi menjadi 2 sesi. Wakil Direktur RS Yu Yuan Fang  selaku salah satu pembicara, mengungkapkan bahwa dirinya memiliki banyak murid yang mempelajari ilmu pengobatan tradisional Tiongkok.

Ia berharap siswa di Indonesia mampu berkembang seperti di Tiongkok. Dan bisa datang ke sana untuk belajar. Juga para guru di Tiongkok, bisa datang ke Indonesia untuk sharing ilmu pengobatan tradisional China, yang bisa membantu mengobati penyakit.

“Rumah sakit kami terbuka untuk menerima siswa Indonesia, yang ingin belajar di sana,” ujarnya.

Pembicara lainnya adalah Chen Bicheng, yang menerangkan tentang akupunktur dengan tusuk mengambang, yang hasilnya memuaskan. Zhui Ying Chun, yang menjelaskan penyakit yang diderita pasca Covid-19. Serta Profesor Xu Er Huan, ahli diabetes yang menerangkan pola hidup sehat, dan resep untuk penderita diabetes

Sementara itu, Sinshe Justina 张雋卿 Master of Traditional Chinese Medicine (TCM), mengapresiasi seminar yang diselenggarakan Yayasan Seni Budaya Indonesia China ini.

“Kegiatan ini menambah pengalaman dan ilmu. Seperti pengobatan diabetes yang menerangkan resep obat tradisionalnya. Yakni dari beras hitam, kedelai hitam, dan jamur, digongso menjadi bubuk. Selanjutnya diseduh dan diminum setiap hari,” terangnya.

Seluruh peserta seminar juga diberi kesempatan untuk berkonsultasi, terkait penyakit yang diderita. Bahkan, langsung bisa mendapatkan pengobatan tradisional secara gratis.


 

Artikel ini telah dibaca 339 kali

Baca Lainnya