Pendidikan

Jumat, 3 November 2023 - 07:56 WIB

4 bulan yang lalu

logo

Menuju Kampus Riset dan Inovasi, ITS Kukuhkan 27 Profesor Baru Sekaligus

Surabaya | klikku.net – Dalam rangka menuju kampus riset dan inovasi, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) kembali gelar Sidang Terbuka Dewan Profesor untuk mengukuhkan profesor atau guru besar baru.

Tidak tangung-tanggung, dalam sehari ITS mengukuhkan 27 guru besar baru sekaligus di Graha Sepuluh November ITS. Atau menjadi yang terbanyak sepanjang sejarah ITS, Kamis (2/11).

Dalam sambutannya, Rektor ITS Prof Dr Ir Mochamad Ashari MEng IPU AEng menyatakan, ini menunjukkan komitmen ITS untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) yang dimiliki. Khususnya melalui pengembangan inovasi, riset, dan publikasinya.

“Saya sangat bangga dan terharu. Peningkatan jumlah profesor yang spektakuler ini, sangat memengaruhi peningkatan kualitas ITS secara keseluruhan. Dengan jumlah yang ada sekarang, pemeringkatan ITS pun naik jauh dari tahun sebelumnya, melalui berbagai inovasinya,” ujarnya.

Ashari menambahkan, saat ini ITS telah memiliki 167 profesor yang masih aktif dengan berbagai bidang ilmunya. Jumlah ini terbilang sedikit. jika dibandingkan dengan perguruan tinggi negeri (PTN) besar lainnya.

‘Namun, ITS berhasil mengambil peran dengan 15 ribu jumlah publikasi internasional yang bereputasi. Artinya, ITS masih dapat bersaing dan bersanding dengan posisi ke-4 publikasi terbanyak se-Indonesia,” tandasnya optimistis.

Dia mengungkapkan, pada pengukuhan guru besar kali ini, terdapat 11 profesor perempuan atau sekitar 40 persen dari total 27 profesor yang dikukuhkan.

“Hal ini membuktikan pemerataan gender yang terjadi di ITS. Dehingga seluruhnya dapat mengambil peran dalam pengembangan riset dan inovasinya. Melalui prosesi ini pula, ITS berhasil menggenapi 195 guru besar dari total profesor yang telah dimilikinya,” tuturnya.

Rektor ITS Prof Dr Ir Mochamad Ashari MEng (kiri) menyerahkan Surat Keputusan Mendikbudristek RI kepada Ketua Senat Akademik ITS Prof Dr Syafsir Akhlus MSc

Sebelum dikukuhkan, para profesor baru ini masing-masing menyampaikan orasi ilmiah. Yang kemudian dilanjutkan dengan pelantikan resmi sebagai profesor.

Menutup rangkaian prosesi tersebut, Ketua Dewan Profesor ITS Prof Dr Ir Imam Robandi MT menuturkan. Pengukuhan kali ini, menjadi sejarah baru bagi ITS.

“Sebab, jumlah profesor yang dikukuhkan ini menjadi yang terbesar sepanjang sejarah pengukuhan profesor di ITS. Harapannya, para profesor baru ini dapat mengembangkan sayapnya lebih jauh lagi. Dan membawa nama ITS lebih tinggi lagi,” ujarnya


 

Artikel ini telah dibaca 63 kali

Baca Lainnya