Pendidikan

Selasa, 7 November 2023 - 18:39 WIB

4 bulan yang lalu

logo

Mahasiswa UHW Perbanas Surabaya Bikin BEL Ramah Lingkungan

Surabaya | klikku.net – Mahasiswa Program Diploma 3 Universitas Hayam Wuruk (UHW) Perbanas berhasil menyulap limbah/sampah rumah tangga menjadi barang bernilai jual. Kali ini, mereka membuat karya bernama BERLING, yaitu Bel Rumah Ramah Lingkungan.

Keunikannya, mereka mengemas Bel Rumah dengan berbagai pernak-pernik yang menggunakan bahan dari daur ulang sampah. Adapun limbah itu berupa plastik, botol shampoo, sabun, dan lainnya.

Tim mahasiswa UHW Perbanas, yaitu: Dwi Mega Diana, Fannany Ahmad Al Ariiq, Robiah Al Adawiyah, dan Nurul Fitriana.

Salah satu tim mahasiswa pembuat Berling, Robiah mengaku produk ini dibuat sudah didasarkan pada analisis kompetitor. Sejauh pengamatannya, bel yang tersedia masih sederhana, estetika kurang, dan tidak memiliki kebermanfaatan lain.

“BERLING kami hadir dengan inovasi yang ramah terhadap lingkungan. Ada tiga varian produknya, yaitu tanpa lampu, dengan lampu, dan terhubung CCTV,” cerita Robiah kepada media, Selasa, (7/11).

Untuk menarik perhatian konsumennya, dia bersama timnya mengombinasikan berbagai unsur, yaitu kerajinan tangan, daur ulang sampah, hingga Alat Bel itu sendiri.

“Konsumen pun bisa request produk secara custom. Misalnya tambahi tulisan. Barulah kita dekorasi sesuai dengan kreativitas atau permintaan,” tambahnya.

Produk BERLING yang baru sebulanan dipromosi dan produksi ini sudah laku lebih dari 30 item. Meski promosinya masih sebatas menggunakan instagram, ternyata cukup efektif. Soen


 

Artikel ini telah dibaca 267 kali

Baca Lainnya