Ekonomi Bisnis Komunitas

Selasa, 7 November 2023 - 20:00 WIB

4 bulan yang lalu

logo

PTPN XI Beri Bantuan Dana ke Pasar Desa Nogosari dan Masjid Jami Nurul Hasan

Jember | klikku.net – Tim Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) PT Perkebunan Nusantara (PTPN) XI memberikan bantuan dana sebesar Rp 50 juta. Bantuan tersebut diberikan ke dua titik lokasi, yakni Pasar Desa Nogosari Kabupaten Jember dan Masjid Jami Nurul Hasan Kabupaten Lumajang.

Bantuan diserahkan langsung oleh Kasubag TJSL PTPN XI, Diah Rosita Sari kepada Kepala Desa Nogosari, Esa Husada dan Takmir Masjid Nurul Hasan, Masyhuri.

Diah Rosita mengungkapkan, pemberian bantuan ini dilatarbelakangi oleh bentuk tanggung jawab sosial dan lingkungan PTPN XI dalam rangka mendukung ekonomi desa dan kualitas ibadah masyarakat yang masih berada di sekitar wilayah kerja PTPN XI.

“Ini adalah bantuan untuk masyarakat yang berada di sekitar perusahaan, seperti pasar desa Nogosari agar dapat meningkatkan penjualan dengan memberikan pendanaan pembangunan untuk bidang-bidang di pasar tersebut. Sedangkan yang di Masjid Nurul Hasan ini juga upaya kami untuk dapat memberikan fasilitas masyarakat agar kualitas ibadahnya makin meningkat. Hal ini juga sesuai dengan Permen nomor satu dari Kementerian BUMN yaitu untuk menciptakan CSR di lingkungan masyarakat sekitar,” ungkap Diah Rosita, dalam rilisnya, Senin (6/11).

Kepala Desa Nogosari Esa Husada menyampaikan terima kasih atas bantuan TJSL yang diberikan oleh PTPN XI.

Menurutnya, hal ini akan bermanfaat bagi pemerintah desa yang saat ini tengah mengupayakan legalitas lahan pasar serta pembangunannya.

“Saya ucapkan terima kasih kepada PTPN XI yang telah memberikan dana CSR untuk pembangunan pasar desa kami. Harapan kami, CSR ini dapat berlanjut dari tahun ke tahun. Karena tentu ini sangat bermanfaat bagi masyarakat desa kami, sehingga kami bisa membangun pasar dan meningkatkan perekonomian kita,” terang Esa.

Esa juga menjelaskan, konsep Pasar Desa Nogosari bisa disebut sebagai hal yang baru. Sebab notabene, pasar dikelola oleh Pemerintah Kabupaten, tapi desa Nogosari melakukan inisiatif agar hasil bumi desa Nogosari, Kabupaten Jember dapat dipasarkan langsung oleh warganya. Dengan demikian, konsep ekonomi dari warga untuk warga dapat terwujud.

Salah satu warga Desa Nogosari Suyono yang sekaligus penyewa kios pasar tersebut turut mengungkapkan dengan adanya pembangunan pasar yang mulai berjalan ini dapat meningkatkan kenyamanan dan kondusivitas dalam berdagang.

“Alhamdulillah keadaan sekarang sudah lebih tertata rapi, jauh lebih nyaman dari sebelumnya,” ungkap Suyono.

Selain memberikan bantuan kepada Pasar Desa Nogosari, pada waktu yang sama, PTPN XI juga memberikan bantuan dana kepada Masjid Jami Nurul Hasan di daerah Jatiroto, Lumajang.

Takmir Masjid sekaligus Ketua Pelaksana Pembangunan Masjid Masyhuri menyatakan, alokasi dana yang diterima ini akan digunakan untuk membangun area kamar mandi masjid.

“Untuk PTPN XI yang sudah membantu Masjid Nurul Hasan, kami ucapkan sangat-sangat terima kasih. Nantinya dana yang kami peroleh ini akan kami alokasikan untuk pembangunan kamar mandi. Mengingat dana untuk pembangunan kamar mandi dari kami sangat menipis,” ujar Masyhuri dengan sumringah. Soen


 

Artikel ini telah dibaca 235 kali

Baca Lainnya