Internasional Pendidikan

Rabu, 8 November 2023 - 08:57 WIB

4 bulan yang lalu

logo

Kunjungi Unair, Atase Pendidikan Kedubes Malaysia Siap Kolaborasi Kedua Belah Pihak

Surabaya | klikku.net – Universitas Airlangga (Unair) mendapatkan kunjungan Atase Pendidikan Kedutaan Besar Malaysia di Jakarta, Selasa (7/11). Kunjungan ini guna membahas potensi kolaborasi antar kedua pihak, sebagai tindak lanjut dari kerja sama yang telah terlaksana.

Hadir dalam kunjungan itu, perwakilan Atase Pendidikan Kedutaan Besar Malaysia di Jakarta Encik Zulfadhli bin Hamzah dan staf promosi pendidikan Eti Rahmayati. Sementara dari pihak Unair, hadir Wakil Rektor Bidang Akademik Mahasiswa dan Alumni Unair Prof Dr Bambang Sektiari Lukiswanto DEA Drh, serta jajaran dekan seluruh fakultas di Unair.

Dalam sambutannya, Prof Bambang menyambut hangat dan menyampaikan ungkapan gembira, atas kedatangan Atase Pendidikan Malaysia ke Unair.

“Selama ini, Unair telah menjalin banyak kerja sama dengan berbagai universitas di Malaysia. Terdapat 44 universitas yang bekerja sama dengan kami, melalui 31 signed MoU dan 25 MoA/IA,” ujarnya.

“Kedekatan antara Unair dan Malaysia, memunculkan optimisme akan ada lebih banyak kerja sama di masa depan. Semoga kita bisa lebih meningkatkan kerja sama dengan saudara serumpun,” ungkapnya.

Sementara itu, Encik Zulfadhli menyambut hangat optimisme Unair, dengan menjelaskan berbagai potensi kerja sama yang bisa dilakukan antara kedua pihak.

“Saat ini, kami sedang mengusahakan MoU yang berada di bawah Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Indonesia. Agar ke depannya, kerja sama dapat dilakukan dengan menandatangani MoA saja. Tujuannya, kami ingin menjembatani kerja sama universitas di Malaysia dengan universitas di Indonesia,” ujar Encik Zulfadhli.

“Salah satu yang menarik kami, adalah kerja sama melalui program double degree antara universitas di Malaysia dengan Unair. Jadi mahasiswa di negara kami dan Indonesia, bisa mendapatkan gelar akademis sekaligus, dari kedua belah pihak,” ungkapnya.

Encik Zulfadhli juga menambahkan, bahwa Atase Pendidikan Kedutaan Besar Malaysia juga terbuka atas kerja sama terkait pelaksanaan magang MBKM Indonesia ke Malaysia.

“Kami juga menyampaikan kesediaan untuk hadir dalam kegiatan seminar internasional yang akan diadakan oleh seluruh fakultas di Unair,” pungkasnya.

Keinginan dari pihak Atase Pendidikan Malaysia ini, disambut baik oleh jajaran dekan fakultas Unair. Salah satunya, disampaikan Dekan Fakultas Kedokteran Hewan (FKH) Unair Prof Dr Mirni Lamid drh MP,.

“FKH sangat tertarik untuk bekerja sama melalui program double degree dengan Universiti Putra Malaysia (UPM). Selain itu, kami juga ingin melakukan kolaborasi program pengabdian masyarakat, baik bersama mahasiswa maupun staf,” ujar Prof Mirni.


 

Artikel ini telah dibaca 86 kali

Baca Lainnya