Daerah Kasuistika

Sabtu, 11 November 2023 - 17:23 WIB

3 bulan yang lalu

logo

Pembangunan Plengsengan Jalan Usaha Tani Dusun Glintung Diduga Tidak Sesuai RAB.

Gresik | klikku.net – Proyek pembangunan pelengsengan Jalan Usaha Tani (JUT) di  RT 05 RW 06 Dusun Glintung, Desa Kepatihan, Kecamatan Menganti, Kabupaten Gresik, di duga dikerjakan tidak sesuai RAB dan ada Mark Up Anggaran.

Proyek tersebut sudah selesai dikerjakan. Dan juga terpasang papan anggaran yang hampir rusak.

Proyek pembangunan tersebut diketahui dari dana APBDes tahun 2023,melalui Dana Desa (DD) sebesar Rp. 140.000.000,-. Dengan rincian Tahap I (21,25 Meter X 4 Meter) dan Tahap II (36 Meter X 3 Meter)

Di tempat yang sama, Sabtu (11/11) tim investigasi menemukan ada papan anggaran pengurukan Tanah Paras untuk Jalan Usaha Tani, juga dari dana APBDes Tahun 2023 melalui Dana Desa sebesar Rp.70.000.000,-. Dengan volume untuk Tahap I (21,25 Meter X 3.80 Meter) dan Tahap II (36 Meter X 2,40 Meter)

Saat di lokasi proyek tersebut, tim investigasi banyak menemukan kejanggalan. Seperti penataan batu yang masih banyak celah & rongga, serta diduga tidak adanya lantai kerja.

Tidak hanya itu, batu yang dipakai diduga tidak sesuai Dengan Rencana Anggaran Biaya (RAB). Serta terlihat ada dua jenis batu (batu kapur dan batu paras). dan ketinggian pelengsengan hanya sekitar 1 Meter saja.

Pekerjaan tanah uruk juga diduga anggarannya di mark up. Pasalnya kalau dilihat dari bangunan yang sebelah utara urukan hanya sekitar 30-70 cm saja. Karena Jarak antara TPT dan jalan sebelumnya hanya sekitar 30- 70 cm.

Kami berharap agar pihak terkait segera turun ke lokasi dan segera menindak lanjuti proyek pembangunan tersebut.

Saat di konfirmasi salah satu tim melalui telpon dan WhatsaApp, Kepala Desa Kepatihan Dodik Suprayogi tidak merespon.

Sampai berita ini di tayangkan, kepala Desa Kepatihan belum memberikan keterangan apapun. Tim investigasi masih memberikan kesempatan oleh sumber yang di beritakan untuk melakukan hak jawab. Widji


 

Artikel ini telah dibaca 342 kali

Baca Lainnya