Nasional Pendidikan

Minggu, 12 November 2023 - 09:24 WIB

7 bulan yang lalu

logo

Apresiasi Kontribusi Tokoh Nasional, ITS Berikan Penghargaan Angka Nitisastro

Surabaya | klikku.net – Sebagai bentuk apresiasi atas berbagai kontribusi nyata demi memajukan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) dan bangsa Indonesia, ITS memberikan Penghargaan Angka Nitisastro kepada empat tokoh nasional.

Penghargaan yang menjadi rangkaian perayaan Dies Natalis ke-63 ITS ini, diserahkan dalam acara Penganugerahan Penghargaan dan Dialog Kilas Balik – Masa Depan ITS, di Auditorium Gedung Pusat Riset ITS, Sabtu (11/11).

Kegiatan dihadiri Rektor ITS Prof Dr Ir Mochamad Ashari MEng, Ketua Majelis Wali Amanat (MWA) ITS Prof Dr Ir Muhammad Nuh DEA, Ketua Senat Akademik ITS Prof Dr Syafsir Akhlus MSc, sejumlah mantan rektor ITS, serta para pimpinan ITS lainnya.

Dalam sambutannya, Rektor ITS Prof Ashari menyampaikan, Penghargaan Angka Nitisastro merupakan bentuk apresiasi keluarga besar ITS, untuk memberi penghormatan atas dedikasi dan kontribusi para tokoh nasional.

“Sudah menjadi tradisi di ITS untuk terus mengenang kontribusi dari siapapun. Momen ini juga menjadi bentuk penghargaan atas prestasi, karya, ataupun jasa, yang telah ditorehkan selama ini,” ujarnya.

Atas berbagai pertimbangan, tahun ini ITS sepakat memberikan penghargaan bergengsi ini kepada Menteri Kesehatan RI Ir Budi Gunadi Sadikin, Gubernur Jawa Timur Dr (HC) Dra Hj Khofifah Indar Parawansa MSi, Wakil Gubernur (Wagub) Jawa Timur Dr H Emil Elestianto Dardak BBus MSc, dan Rektor ITS periode 2011 – 2015 Prof Dr Ir Triyogi Yuwono DEA.

Pada kesempatan tersebut, Triyogi yang merupakan Rektor ITS ke-10 mengungkapkan, kontribusinya bagi Kampus Pahlawan ini merupakan sebuah bentuk optimisme yang ia percaya, akan menarik potensi unggul yang dimiliki oleh ITS.

“Tetapi, ITS perlu segera berbenah agar siap bersaing di masa mendatang. Untuk itu, ada tiga upaya yang bisa dilakukan, yakni peningkatan kualitas dan kuantitas SDM, memaksimalkan infrastruktur laboratorium untuk menyambung aktivitas pendidikan. Srrta pengelolaan manajemen perguruan tinggi yang efisien,” ujarnya.

Sementara itu, Wagub Jatim Emil Dardak yang hadir secara langsung menyampaikan, dedikasi yang ia torehkan menjadi bentuk manifestasi. Atas tekadnya untuk memajukan Jawa Timur di berbagai sektor, salah satunya di bidang perekonomian.

“Jawa Timur merupakan penyumbang perekonomian terbesar kedua di Indonesia,” ungkap Emil.

Langkah ini, diwujudkan Pemprov Jatim lewat kolaborasi bersama ITS, sebagai kampus dengan teknologi dan inovasi terdepan.

“Ke depannya, ITS juga perlu mengekskalasikan wawasan para pemuda untuk terus menyambungkan tongkat estafet kontribusi,” tandasnya.

Emil juga menyampaikan apresiasinya kepada seluruh sivitas akademika ITS. Ia meyakini bahwa ritme dan tren yang telah digencarkan ITS, akan berbuah manis di masa mendatang.

“Saya berharap, ITS tidak hanya memberi kebermanfaatan bagi Jawa Timur saja. Tetapi juga untuk Indonesia,” pungkasnya.

Selain penyerahan penghargaan kepada para tokoh dan sejumlah media partner, serta penghargaan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Kegiatan ini juga diisi sarasehan tentang kilas balik mengenang perkembangan ITS dari masa ke masa.

Kilas balik tersebut menghadirkan Bantasyam dan Dr H Ir Abdul Kadir Baraja sebagai narasumber serta dimoderatori oleh Dr Agnes Tuti Rumiati MSc.


 

Artikel ini telah dibaca 1831 kali

Baca Lainnya