Pemerintahan

Rabu, 15 November 2023 - 14:12 WIB

3 bulan yang lalu

logo

Surabaya Jadi Percontohan Pertama Kota Ramah Anak tingkat Dunia di Indonesia

Surabaya | klikku.net – Surabaya menjadi kota pertama di Indonesia sebagai percontohan kota ramah anak tingkat dunia. Hal ini ditandai dengan penandatanganan Rencana Kerja Tahunan (RKT) Program Child Friendly Cities Initiatives (CFCI) United Nations Children’s Fund (UNICEF) dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya.

Penandatanganan RKT dilakukan Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi, dengan Kepala Kebijakan Sosial UNICEF Indonesia Yoshimi Nishino. Sambil disaksikan Perwakilan Direktorat KPAPO Bappenas Yosi Diani Tresna, di Balai Pemuda Alun-Alun Kota Surabaya, Selasa (14/11).

Dalam sambutannya, Eri Cahyadi menyatakan bahwa Surabaya siap jadi Kota Layak Anak tingkat dunia. Apalagi, sebanyak tujuh kali berturut-turut, Surabaya menyabet predikat Kota Layak Anak tingkat Utama secara nasional.

“Anak-anak adalah aset dan harapan bangsa. Sehingga perlu diberikan perhatian dan perlindungan khusus. Untuk itu, kami mengajak semua pihak untuk bersinergi dan berkolaborasi, dalam mendorong pembangunan yang berpihak pada anak di Kota Surabaya,” ujarnya.

“Kami berharap, Surabaya bisa mengutamakan hak anak. Ayo, kita jaga rumah ini untuk masa depan anak-anak kita. Pemkot Surabaya bberkomitmen, akan melakukan langkah-langkah yang cepat dan tepat, dalam menangani kasus berkaitan dengan anak,” tambahnya.

“Setelah penandatanganan RKT ini, Pemkot Surabaya bersama UNICEF dan Bapennas, akan membuat modul bersama. Untuk menggiatkan anak, hingga di tingkat RW. Sehingga anak Surabaya berani berpendapat, berani komitmen, dan tidak ada bullying,” ungkapnya.

“Semoga program CFCI ini dapat memberikan manfaat yang nyata bagi anak-anak di Kota Surabaya. Khususnya dalam bidang kesehatan, pendidikan, perlindungan, dan kesejahteraan anak,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Kebijakan Sosial UNICEF Indonesia Yoshimi Nishino mengucapkan selamat kepada Pemkot Surabaya, karena menjadi kota pertama yang bergabung dengan CFCI di Indonesia.

“Selama ini, Surabaya telah menunjukkan komitmen dan kinerja yang luar biasa dalam perencanaan yang inklusif, alokasi anggaran untuk anak-anak, dan hasil yang mengesankan dalam perbaikan kesehatan anak,” ujarnya.

“Dengan menjadi kota pertama di Indonesia yang bergabung dalam CFCI. Surabaya dapat menjadi contoh dan inspirasi untuk kota dan kabupaten lain di Indonesia, dalam membangun kota yang layak dan ramah untuk anak-anak,” tambahnya.

“Dengan bergabung ke dalam CFCI, ini merupakan investasi untuk masa depan Surabaya. Melalui inisiatif ini, Surabaya memiliki kesempatan untuk lebih mengenalkan dirinya kepada dunia internasional. Serta menarik investasi dan kemitraan untuk pembangunan berkelanjutan,” ungkapnya.

“Kegiatan ini menandai dimulainya perjalanan menuju masa depan yang lebih cerah, bagi anak-anak Surabaya. Dan memastikan mereka memiliki kesempatan untuk tumbuh, bermimpi, dan berkontribusi untuk dunia yang lebih baik, bagi generasi mendatang,” pungkasnya.


 

Artikel ini telah dibaca 385 kali

Baca Lainnya