Ekonomi Bisnis

Jumat, 17 November 2023 - 11:41 WIB

3 bulan yang lalu

logo

3 Hari Saja, Gunakan QRIS Masuk KBS Hanya Rp78,-

Surabaya | klikku.net – Untuk mendorong digitalisasi sektor keuangan, khususnya dalam pemakaian QRIS. Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jawa Timur menggelar Jatim QRIS Adventure and Experience (JARE) di Kebun Binatang Surabaya.

Melalui kegiatan ini, selama 3 hari, yakni 17 – 19 November 2023, pengunjung bisa memanfaatkan promo harga tiket masuk KBS hanya Rp78,- menggunakan QRIS.

Menurut Deputi KPw BI Jatim Bandoe Widiarto, kegiatan ini merupakan salah satu ikhtiar dalam meningkatkatkan dan mendorong digitalisasi sektor keuangan di Jawa Timur.

“Dengan QRIS, diharapkan sistem pembayaran berjalan dengan cepat, sehat, aman dan lebih kompetitif. Kegiatan ini juga untuk memperingati Hari Pahlawan & HUT Provinsi Jatim ke-78. Ayo, seluruh warga Jawa Timur, manfaatkan kesempatan ini dengan baik,” ujarnya, Jumat (17/11).

Bandoe menambahkan, saat ini Bank Indonesia telah membangun sistem BI Fast. Yakni sebuah sistem transaksi retail yang tidak pernah tidur, beroperasi 24 jam dan 7 hari full, dengan biaya transaksi yang sangat murah.

“Tahun ini Bank Indonesia menargetkan 45 juta penggunaan QRIS secara nasional. Dan hingga September 2023, telah mencapai 42 juta penggunaan. Ini menunjukkan QRIS telah diterima baik oleh masyarakat. Untuk itu, perlu didorong lagi, melalui berbagai kegiatan edukasi dan promosi,” ungkapnya.

“Sebanyak 29 juta merchant telah mendukung penggunaan QRIS, dimana 12% nya ada di Jawa Timur. Semuanya telah siap memfasilitasi masyarakat, dalam melakukan transaksi keuangan secara digital, ” tuturnya.

Selain sektor perdagangan, Bank Indonesia juga mendorong elektronifikasi dalam hal transportasi massal, penyaluran bantuan sosial, dan transaksi pemerintah daerah.

Sementara itu, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Kota Surabaya Agus Imam Sonhaji menuturkan, bahwa Pemkot Surabaya sangat mendukung kegiatan ini.

“Terima kasih pada BI Jawa Timur, OJK KR 4 dan BRI, yang membantu Pemkot Surabaya dalam membangun ekosistem ekonomi digital di Surabaya. Dimana salah satu elemen penguatnya adalah transaksi keuangan, yakni QRIS,” ujarnya.

“Saat ini, untuk pembayaran Bus Surabaya juga menggunakan QRIS. Demikian pula di sentra-sentra UMKM binaan Pemkot Surabaya, semuanya sudah menggunakan QRIS. Dan saat ini sedang diuji cobakan adalah pembayaran parkir. Dan saat ini BI mendorong penggunaan QRIS di salah satu tempat wisata yang kami kelola, yakni KBS,” ungkapnya.

Pihaknya juga menargetkan, bahwa pada awal tahun depan, semua sektor ekonomi di kota Surabaya akan berbasis digital, atau QRIS.

Dirut PD Taman Satwa Chairul Anwar, selalu pengelola KBS engapresiasi langkah Bank Indonesia dalam hal fasilitasi transaksi keuangan digital.

“Ini sesuai dengan konsep customer awareness di KBS, yakni kecepatan pembayaran. Baik e-ticketing untuk masuk, maupun tiket untuk wahana di dalamnya. Ini juga sesuai dengan target visi misi KBS, yang jika dulu adalah sukses konservasi. Sekarang ditambah sukses edukasi dan rekreasi yang sehat, terjangkau dan digital,” ungkapnya.


 

Artikel ini telah dibaca 28 kali

Baca Lainnya