Pendidikan

Jumat, 17 November 2023 - 12:30 WIB

3 bulan yang lalu

logo

Kenalkan Pertunjukan Teater pada Anak-anak, Petra Theatre PCU Pentaskan “The Clues” 

Surabaya | klikku.net – Mengusung tema kejujuran dan keseruan persahabatan anak-anak, Petra Theatre PCU (Petra Christian University) dan Petranesian, menyajikan drama musikal berbahasa Inggris bertajuk ‘The Clues’.

Kegiatan ini digelar di Petra Theatre Black Box Studio, Gedung Q2 lantai 7 kampus PCU selama 3 hari, yakni 16-18 November 2023.

Menurut Fransisca Liem selaku Manajer Produksi, drama musikal ini merupakan karya orisinal dari Petranesian (sebutan untuk keluarga besar Petra).

“Mulai dari penulisan naskahnya, lirik lagu, pemain, sutradara, hingga koreografer dan pemain musiknya, melibatkan alumni, dosen, serta mahasiswa aktif PCU,” ujarnya, Jumat (17/11).

Fransisca menambahkan, drama musikal berdursi 45 menit ini, mengisahkan tentang kejujuran, serta serunya persahabatan anak-anak.

“Untuk lirik dan naskahnya, ditulis Meilinda, S.S., M.A., dosen English for Creative Industry (ECI) PCU, yang kini sedang menempuh pendidikan di Spanyol. Sedangkan lagunya, ditulis oleh Yosafat R. Leppong,” ungkapnya.

Sementara itu, Meilinda menjelaskan jika kisah drama ini terinspirasi dari pengalaman pribadi anak semata wayangnya.

“Mengutip ucapan seorang tokoh filsafat, yakni Prof. Jakob Sumardjo. Bahwa mendidik anak untuk menonton teater sangat penting. Sebab mereka suka dengan tantangan dan petualangan. Untuk itu saya berpikir, kenapa tidak sekalian dibuatkan drama untuk mereka,” ujarnya.

“Teater itu tentang olah pikir dan olah rasa. Suatu tempat berproses, untuk menjadi manusia yang madani dan punya tepa seliro. Karena itu, kisah detektif ini sangat cocok & mewakili anak-anak,” ungkapnya.

Meilinda menambahkan, meski merepresentasikan kehidupan anak-anak. Namun “The Clues” juga cocok sebagai tontonan penonton dewasa.

“Karena dapat bernostalgia dan mengingat masa kecilnya. Sebab, sesuatu yang tampak sederhana di usia dewasa. Ternyata merupakan sesuatu serius dan seru, bagi anak-anak,” tuturnya.

Sebanyak 40 orang terlibat dalam proses produksi. Dimana tujuh diantaranya, bertindak sebagai aktor yang berpentas di atas panggung, menampilkan alur cerita “The Clues”. Selama 3 hari, mereka akan beraksi di hadapan total 600 penonton, khususnya anak-anak, yang terbagi dalam 6 kali pertunjukkan.

“Teater dapat menjadi media yang penuh makna bagi anak-anak. Karena tidak hanya menghibur, tetapi juga membuat mereka paham, betapa penting dan berharganya mereka. Karena mereka juga adalah bagian dari dunia ini,” pungkas Meilinda.


 

Artikel ini telah dibaca 22 kali

Baca Lainnya