Ekonomi Bisnis

Jumat, 17 November 2023 - 14:43 WIB

3 bulan yang lalu

logo

Resmikan Pabrik Kedua, Salsa Kosmetik Bangkitkan Ekonomi UMKM

Surabaya | klikku.net – PT Alfa Viktori Familia selaku pemilik brand lokal Salsa Kosmetik, membuka pabrik keduanya, di kawasan Kedung Cowek Surabaya, Jumat (17/11).

Kegiatan ini dihadiri owner sekaligus founder Salsa Kosmetik Francis Tatad, bersama ketiga putranya, Alfin Vado Fransen, Albie Vriodi Fransen, dan Alvito Verick Fransen, yang menjabat sebagai direktur.

Dalam sambutannya, Francis Tatad menjelaskan jika pabrik di Kedung Cowek ini, merupakan pabrik keduanya.

“Pabrik pertama di jalan Bronggalan Surabaya. Untuk memenuhi permintaan pasar yang semakin besar, maka kami memutuskan untuk membuat pabrik kedua ini,” ujarnya.

“Sebab, kami tidak hanya melayani penjualan, baik langsung maupun re-seller, ke konsumen. Tetapi kami juga membantu ratusan UMKM, dengan memberikan pelatihan dan pembuatan produk bagi mereka,” tambahnya.

Alfin Vado Fransen menambahkan, pihaknya membantu UMKM tidak hanya dari sisi ketersediaan produk. Juga membantu distribusi dan marketingnya.

“Kami juga ajak mereka untuk mengawal proses produksi. Termasuk di sisi quality controlnya. Bahkan kami juga mempersilahkan, apabila UMKM ini menginginkan untuk memiliki brand sendiri. Kami juga membantu dari sisi perijinannya,” tuturnya.

Alfin menambahkan, Salsa memiliki banyak varian produk, seperti skincare berupa cream, gel atupun lotion. Produk Colouring rambut berbagai warna, produk perawatan badan, wajah dan rambut, dan lain sebagainya.

“Ini memudahkan UMKM untuk berkembang. Karena bisa menjual beragam produk berkualitas dengan harga terjangkau. Apalagi untuk membuat brand sendiri, modalnya juga tidak besar. Cukup 1000 piece, sudah kami layani,” tambahnya.

“Ini merupakan bagian dari motto kami, yakni SALSA atau Sukses Anda Lantas Sukses Aku. Jadi dengan membantu kesuksesan UMKM, kami juga membantu kesuksesan kami sendiri. Demikian pula sebaliknya,” ungkapnya.

Di tempat yang sama, Alvito Verick Fransen menambahkan, pihaknya ingin agar UMKM Indonesia terus berjuang dan pantang menyerah.

“Kami dulu awalnya juga sebuah UMKM dari Kembang Jepun Surabaya, yang menjual produk kosmetik impor. Tapi, kemudian kami berpikir, kenapa tidak bikin produk sendiri. Karena bagaimanapun juga, kita harus bangga dengan produk-produk buatan sendiri. Dan terciptalah Salsa,” tuturnya.

Alvito mengungkapkan, dengan membuat produk sendiri, maka pihaknya bisa memberdayakan tenaga kerja lokal.

“Dengan membuka pabrik, maka kami membuka peluang kerja. Bukan hanya yang normal secara fisik. Siapapun, meski disabilitas, asalkan bisa kerja, kami terima sebagai pekerja di pabrik kami. Bahkan kami pernah mendapatkan penghargaan khsusus dari Camat Tambaksari. Karena kami memperkerjakan warga disabilitas,” ujarnya.

“Kami juga mengucapkan terima kasih pada semua pihak yang mendukung kami. Baik pada pemerintah maupun aparat keamanan. Khususnya pada suplier, distributor, grosir, reseller, dan teman-teman media. Mari kita sukseskan UMKM dengan produk kosmetik lokal yang berkualitas,” pungkasnya.


 

Artikel ini telah dibaca 681 kali

Baca Lainnya