Daerah Kasuistika Pemerintahan

Senin, 5 Februari 2024 - 18:03 WIB

2 bulan yang lalu

logo

Dana Bansos UEP di Desa Tanah Merah Dajah Bangkalan BergejolaK

Bangkalan | klikku.net – Kini masyarakat Desa Tenah Merah Dajah, Kecamatan Tanah Merah, Kabupaten Bangkalan telah menikmati program pemerintah berupa Bantuan Sosial Usaha Ekonomi Produktif (Bansos UEP) dengan masing-masing menerima Rp 1.500.000 rupiah yang diperuntukkan sebagai stimulan dalam melakukan kegiatan usaha.

Program Bansos UEP itu dapat dinikmati masyarakat jika telah memenuhi perlengkapan persyaratan seperti Foto copy Kartu Tanda Penduduk (KTP), Foto copy Kartu Keluarga (KK); Bukti Dokumentasi memiliki Embrio Usaha; Dokumentasi Rumah (Tampak Depan, Samping, Dalam dan Belakang), Rencana Anggaran Biaya (RAB), Masuk Kriteria Penerima Bantuan UEP, Belum Pernah mendapatkan bantuan sejenis dalam jangka waktu 5 (Lima) Tahun Terakhir, dan Terdaftar dalam DTKS.

Selanjutnya Masyarakat mengusulkan bantuan Usaha Ekonomi Produktif (UEP) kepada Kepala Dinas Sosial. Kepala Dinas Sosial memerintahkan kepada kepala Bidang Perlindungan dan jaminan Sosial, untuk memverifikasi permohonan usulan UEP.

Kepala Bidang Linjamsos memerintahkan tim pendamping UEP untuk memverifikasi lapangan. Tim pendamping melakukan verifikasi data pemohon dan menyerahkan laporan kepada tim penyelenggara UEP.

Tim Penyelenggara UEP membuat berita acara verifikasi Bantuan UEP, bagi yang dinyatakan layak maka ditetapkan sebagai calon penerima Bantuan UEP. Jika tidak layak dikembalikan kepada pemohon.

Tim penyenggara UEP membuat pemberitahuan kepada pemohon agar menyiapkan kelengkapan usulan untuk input dalam ehibah bansos; kemudian tim penyenggara UEP membuat surat rekomendasi Calon Penerima Bantuan UEP.

Namun demikian, saat pencairan dana bantuan sosial UEP tersebut di Desa Tanah Merah, terjadi gejolak yang dipicu oleh dugaan penyalahgunaan dana tersebut oleh oknum PNS, hingga viral di media online Harianradar.com yang rilis beberapa jam yang lalu.

“Akui Pemotongan Bansos KPM di Tanah Merah Dajah, Oknum ASN Terancam Dilaporkan Ke Pihak APH, Parah !! Oknum ASN Potong BLT Warga Tanah Merah Dajah Sebesar 300 Ribu Per KPM, Oknum ASN di Bangkalan Sunat Bansos, Pengamat ; Mengutuk Keras dan Diberikan Sanksi Tegas,” tulis media yang viral beredar selama beberapa jam terakhir. hingga berita ini tayang, Senin (5/2) ini.

Disinyalir dari viralnya aroma kasus Bansos UEP di Desa Tanah Merah Dajah, Kecamatan Tanah Merah tersebut. Pada Senin (5/2) siang,  telah digelar rapat tertutup di salah satu ruangan Kantor Dinas Sosial Kabupaten Bangkalan.

Kegiatan ini dihadiri Kepala Desa Tanah Merah Dajah Bustanul Arifin, Camat Tanah Merah Heri Arifin S.H., Kepala Dinsos Bangkalan Wibagio Suharta, Mahmudi Ibnu Hotib Tikor dan sejumlah pihak terkait.


Anam

Artikel ini telah dibaca 294 kali

Baca Lainnya