Ekonomi Bisnis Komunitas

Minggu, 18 Februari 2024 - 11:22 WIB

2 bulan yang lalu

logo

Fuad Benardi & istri (berbaju putih), didampingi Ketua UMKM Rukun Manunggal Oki Iin Prihandono, saat meninjau bazaar UMKM Surabaya  Holiday

Fuad Benardi & istri (berbaju putih), didampingi Ketua UMKM Rukun Manunggal Oki Iin Prihandono, saat meninjau bazaar UMKM Surabaya Holiday

Berharap UMKM Rukun Manunggal Jadi Percontohan Ekonomi Kemasyarakatan di Jawa Timur, Fuad Benardi Kunjungi Surabaya Holiday

Surabaya | klikku.net – Salah satu Pembina UMKM Rukun Manunggal Fuad Benardi meninjau kawasan bazaar UMKM Surabaya Holiday, di kawasan Kecamatan Sukomanunggal, Surabaya, Minggu (18/2).

Fuad bersama istri, didampingi Ketua UMKM Rukun Manunggal Oki Iin Prihandono, tampak mengunjungi satu persatu stan UMKM, dan berdialog dengan para pedagang.

Bahkan, putra Mensos Tri Rismaharini tersebut, juga mendengarkan curhatan para pedagang dan emak-emak pelaku UMKM di kawasan tersebut.

“Ini bagian dari upaya untuk menyapa & menyerap aspirasi masyarakat. Apalagi saya adalah salah satu pembina di UMKM Rukun Manunggal ini”, ujar caleg DPRD Jatim Dapil Surabaya dari PDIP tersebut.

“Surabaya Holiday yang digagas UMKM Rukun Manunggal dan sudah berjalan selama setahun ini, merupakan kegiatan yang bagus. Karena kawasan sekitaran SCTV yang dulunya sepi. Kini bergairah dengan adanya kegiatan semacam Car Free Day ini. Selain menjadi tempat bersantai & rekreasi. Juga mampu menggerakkan ekonomi kemasyarakatan”, ungkapnya.

Fuad menambahkan, kegiatan UMKM terbukti mampu menggerakkan sektor ekonomi kemasyarakatan.

“Menurut data, pekerja migran terbanyak Indonesia itu berasal dari Jawa Timur. Hal ini disebabkan masih minimnya ekonomi kemasyarakatan di sektor UMKM, dibanyak kabupaten Jawa Timur. Hingga mereka terpaksa menyambung hidup dengan menjadi PMI di luar negeri, meskipun lewat jalur ilegal sekalipun. Akhirnya justru menyebabkan banyak masalah”, tutur Ketua Karang Taruna Surabaya ini.

Untuk itu Fuad berjanji, apabila dirinya lolos menjadi anggota DPRD Jawa Timur. Pihaknya akan mendorong Pemprov Jawa Timur, untuk menggerakkan sektor-sektor UMKM sebagai penggerak ekonomi kemasyarakatan.

“Surabaya Holiday ini bisa menjadi percontohan atau pilot project, bagi kota atau kabupaten lain di Jawa Timur. Sebab, ini adalah potensi ekonomi. Dan bisa mendatangkan manfaat bagi banyak pihak”, pungkasnya.

Sementara itu, Ketua UMKM Rukun Manunggal Oki Iin Prihandono menyatakan, menindak lanjuti arahan dari Dewan Pembina. Pihaknya akan menggelar Bazaar Ramadan setiap sore di kawasan Surabaya Holiday, selama bulan Ramadan 2024.

“Setiap hari, kami akan mengundang tokoh agama, tokoh masyarakat, maupun pejabat pemerintah. Untuk meninjau pelaksanaan Bazaar Ramadan Surabaya Holiday dalam menggerakkan ekonomi kemasyarakatan”, ujarnya.

“Selain itu, juga digelar pengajian rutin untuk teman-teman UMKM. Agar sembari mengais rejeki, kita juga bisa lebih mendekatkan diri pada Allah SWT”, pungkasnya.


@Nt

Artikel ini telah dibaca 484 kali

Baca Lainnya