Daerah Politik

Kamis, 22 Februari 2024 - 17:25 WIB

2 bulan yang lalu

logo

Jaga Kepercayaan Publik Bawaslu Bangkalan Wujudkan Profesionalitas Tupoksinya

Bangkalan | klikku.net — Mewujudkan komitmen Bawaslu (Badan Pengawas Pemilu) Kabupaten Bangkalan dalam menjaga kepercayaan publik terus ditunjukkan dengan kinerja yang kian waktu semakin maksimal, khususnya saat menjelang pelaksanaan pesta demokrasi pemilu legislatif dan pilpres Tahun 2024 yang kini prosesnya sedang berlangsung.

Dalam rangka menjaga kepercayaan publik dalam memberikan pelayanan itu termasuk fungsi pengawasannya Bawaslu Kabupaten Bangkalan dalam waktu beberapa pekan terakhir ini tercatat telah melakukan penertiban 921 APK melanggar serta menertibkan spanduk yang menyajikan kalimat bernada profokatif dan berbau sara yang dilakukan tepatnya pada pekan kesembilan pengawasan kampanye pemilu tahun 2024.

Selain dua item jenis pelanggaran yang telah ditindaklanjuti oleh Bawaslu Bangkalan tersebut sebagai ragam kesungguhan kinerja Bawaslu Kabupaten Bangkalan juga telah menerima 10 laporan dan 10 temuan baik di Bawaslu maupun di tingkat Panwascam (Pengawas Pemilu Kecamatan).

Hal itu dipertegas oleh Mochammad Masyhuri Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran Bawaslu Bangkalan, yang mengungkapkan pihaknya mewujudkan pelayanan dengan menangani berbagai jenis perkara pemilu.

“Temuan dan laporan tersebut terdiri dari pelanggaran administrasi, kode etik dan pelanggaran perundang-undangan lainnya, dengan rincian dua berupa putusan sidang administrasi dan tujuh berupa rekomendasi ke KPU Bangkalan dan lima tidak diregistrasi karena tidak memenuhi syarat formil dan materiil. Pelanggaran hukum lainnya yakni netralitas ASN terdapat satu yang juga telah kami sampaikan kepada Bupati Bangkalan,” kata Masyhuri.

Selain itu Masyhuri menyatakan pihaknya atau Bawaslu Bangkalan juga menerima laporan dugaan pelanggaran pidana pemilu namun atas laporan tersebut kata Masyhuri kini pelapor telah mencabut laporannya.


Anam

Artikel ini telah dibaca 230 kali

Baca Lainnya