Ekonomi Bisnis Pendidikan

Sabtu, 9 Maret 2024 - 10:37 WIB

2 bulan yang lalu

logo

Dorong UMKM Naik Kelas, PCU gelar BDM Festival 2024

Surabaya | klikku.net – Guna mendorong UMKM naik kelas lewat pembentukan branding yang tepat, PCU (Petra Christian University) menggelar Branding and Digital Marketing (BDM) Festival 2024,di Ciputra World V-Junction Area lantai 3, Surabaya, 8 – 10 Maret 2024.

Menurut Feni Setiawati, selaku Ketua Acara BDM Festival 2024, branding adalah jantung dari sebuah bisnis.

“Karena pelanggan akan melakukan pembelian, jika brand tersebut diyakini dapat memuaskan kebutuhan atau keinginannya. Kepercayaan itu dibangun dari bagaimana brand membentuk citra dirinya di mata pelanggan,” ujarnya, Jumat (8/3).

Mengambil tema Supporting Local Heroes, BDM Festival 2024 merupakan bagian dari pengabdian masyarakat PCU. Yang dikemas dalam bentuk mini bazar untuk produk-produk UMKM, yang telah dibina oleh mahasiswa PCU.

“Pesertanya sebanyak 100 mahasiswa PCU dari berbagai program. Mereka dibagi menjadi 25 kelompok terdiri empat orang. Dimana masing-masing kelompok, menuntun satu brand UMKM pilihannya”, ungkap Feni.

“Secara khusus, BDM PCU memberikan materi dan poin penting tentang Branding and Digital Marketing kepada para peserta. Mereka bisa menerapkan sesuai kebutuhan UMKM, seperti logo, media sosial, konten, dan color brand, yang menjadi faktor penentu dalam branding itu sendiri,” imbuhnya.

Seperti yang dilakukan oleh Jesika Silionel. Mahasiswi Finance and Investment PCU itu membimbing UMKM yang sudah berdiri sejak tahun 2019, untuk lebih gencar melakukan branding di media sosial.

“Pelaku UMKM masih memerlukan banyak bantuan dalam hal promosi dan publikasi. Agar masyarakat dapat mengenal produk dan brandnya. Oleh sebab itu saya dan tim melakukan pendampingan kepada UMKM untuk menguatkan promosi lewat media sosial Instagram, serta membuat logo baru dan hashtag tentang UMKM,” ujarnya.

Ada pula games booth yang disiapkan dengan beragam model permainan. Dengan memberikan produk atau voucher UMKM pada para pemenang games, ini menjadi ajang promosi untuk mengenalkan produknya pada masyarakat umum.

Selain itu, ada pula Make Up Class secara gratis, yang memberikan workshop interaktif tentang Korean everyday makeup look. Workshop ini ditujukan untuk para muda-mudi yang kini mulai membangun personal branding lewat penampilan.

Ada pula workshop tentang Mirror Painting tentang menghias kaca aesthetic dengan menggunakan cat warna, yang dibawakan mahasiswa Visual Communication Design (DKV) PCU.


@Nt

Artikel ini telah dibaca 18 kali

Baca Lainnya