Lifestyle Pendidikan

Rabu, 27 Maret 2024 - 23:34 WIB

2 bulan yang lalu

logo

Semarakkan Hari Film Nasional, Undika Bersama Kemendikbudristek dan Prosfisi Gelar Screening Film 

Surabaya | klikku.net – Program studi (prodi) D4 Produksi Film dan Televisi (PFTV) Universitas Dinamika (STIKOM Surabaya) akan menggelar acara screening film yang bertajuk ‘NGABARIN FILM (Ngabuburit Bareng Insan Film)’.

Acara screening film ini akan diselenggarakan di Arena Prestasi lantai 9 Universitas Dinamika (STIKOM Surabaya) pada Kamis (28/03/2024) besok.Registrasi akan dibuka pada pukul 14.45 – 15.30, sedangkan acara dimulai pada pukul 15.30 – 18.00.

Kaprodi Program Studi Produksi film dan Televisi (PFTV) Undika Muhammad Bahruddin mengatakan acara ini diselenggarakan dalam rangka untuk memperingati Hari Film Nasional 2024 yang jatuh pada tanggal 30 Maret 2024. Penggagas acara screening film ini adalah Direktorat Perfilman, Musik dan Media (PMM), Dirjen Kebudayaan, serta Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek).

“Gagasan ini pun diwujudkan oleh kampus-kampus film dan televisi di bawah Asosiasi Prodi Film dan Televisi (Prosfisi),” ujarnya.

Prosfisi memilih 10 kampus dengan prodi film dan televisi dari seluruh Indonesia. Adapun perwakilan kampus dari daerah lainnya, seperti Institut Seni Indonesia (ISI) Denpasar, Institut Kesenian Jakarta (IKJ) Jakarta, dan berbagai kampus lainnya.

“Untuk Jawa Timur, Prosfisi memilih Universitas Dinamika (STIKOM Surabaya) sebagai tuan rumah acara ini. Screening film ini akan serentak dilaksanakan oleh 10 kampus pada hari yang sama,” ungkapnya.

Ketua Pelaksana Screening Film Undika Sutikno menyampaikan acara ini terdapat beberapa rangkaian yang akan dilaksanakan, yaitu penayangan film, diskusi dengan para sineas, dan buka bersama.

Ada tiga film yang akan ditayangkan, yaitu film dari divisi PMM yang berjudul ‘Stroke’, film dari Prosfisi yang berjudul ‘Kumari’, dan film dari hasil karya tugas akhir (TA) mahasiswa PFTV Universitas Dinamika yang berjudul ‘Sosiale’.

Kemudian acara dilanjutkan diskusi dengan para sineas yang menghadirkan dua narasumber, yaitu Habil Fachryl, produser dari film ‘Stroke’ yang juga merupakan bagian dari PMM dan Muhammad Bahruddin, selaku Ketua Program Studi (Kaprodi) Produksi Film dan Televisi Universitas Dinamika, sekaligus juri Festival Film Indonesia (FFI) pada tahun 2021 dan 2022.

“Acara yang dibuka untuk umum ini, juga akan mengundang komunitas-komunitas film di Surabaya serta SMA/SMK se-Surabaya yang memiliki ekstrakurikuler atau jurusan perfilman dan televisi,” pungkas Sutikno.


Soen/Roji

Artikel ini telah dibaca 24 kali

Baca Lainnya