Pendidikan

Rabu, 15 Mei 2024 - 09:22 WIB

4 hari yang lalu

logo

PCU Kenalkan seni grafis konvensional Lewat Pameran Ennui Printing Art Exhibition

Surabaya | klikku.net – Desain Komunikasi Visual Petra Christian University (DKV PCU) bersama komunitas Marabunta, menggelar pameran seni bertajuk Ennui. Yakni pameran yang menampilkan beragam karya seni grafis.

Kegiatan yang digelar di Look Gallery, Q.801, gedung Q kampus PCU hingga 20 Mei 2024 tersebut. Menampilkan 60 karya seni grafis dengan beragam teknik. Mulai dari cetak tinggi, cetak dalam, cetak saring, hingga cetak datar.

Menurut dosen DKV PCU Anang Tri Wahyudi, S.Sn., M.Sn., pesatnya era digitalisasi membuat minimnya eksistensi seni grafis konvensional.

“Pameran ini dihadirkan untuk mengenalkan kembali kepada para mahasiswa sebagai gen Z, dan masyarakat luas, tentang seni grafis konvensional. Sekaligus sebagai wadah berbagi pengalaman”, ujarnya, Selasa (14/5).

“Kami pamerkan beberapa karya yang merupakan desain grafis tradisional dan modern, sebagai relasi antara keterampilan klasik dan inovasi teknologi,” tuturnya.

Anang menambahkan, terdapat 25 karya mahasiswa DKV PCU semester 2, dan 35 karya perupa muda seni dari Yogyakarta, yang terlibat dalam pameran kali ini.

“Karya dari para mahasiswa masih sederhana, yaitu menggunakan unsur hitam putih saja. Sementara karya dari para perupa Yogyakarta lebih kompleks, dengan menggunakan berbagai macam warna. Sengaja kami sandingkan, agar mahasiswa kami terpacu untuk membuat karya seni yang apik & keren”, ungkapnya.

Selain pameran seni grafis, juga digelar sharing session dan workshop grafis secara gratis. PCU menghadirkan Dionisius Caraka dan Surya Adiwijaya, dua seniman perupa asal Yogyakarta yang tergabung dalam komunitas Marabunta, sebagai pembicara.


Nughie

Artikel ini telah dibaca 141 kali

Baca Lainnya