Pendidikan

Jumat, 17 Mei 2024 - 06:30 WIB

2 hari yang lalu

logo

PCU Jadi Tuan Rumah Rakernas Teknik Mesin ‘Songsong Indonesia Emas 2045’

Surabaya | klikku.net – Program Studi Mechanical Engineering PCU (Petra Christian University) berkesempatan menjadi tuan rumah, dalam Rapat Kerja (Raker) Badan Kerja Sama Teknik Mesin (BKSTM) Tingkat Nasional.

Mengusung tema “22 Tahun BKSTM Mempersiapkan SDM Unggul Menyongsong Indonesia Emas 2045”. Kegiatan ini diikuti 135 Perguruan Tinggi se-Indonesia yang menyelenggarakan pendidikan teknik mesin.

Menurut Ketua Pelaksana Ivan Christian Hernando, S.T., M.T., Raker BKSTM ini jadi wadah bagi para akademisi dan praktisi Teknik Mesin untuk bertukar ide, pengalaman, dan best practices.

“Tujuannya untuk mempersiapkan generasi muda yang kompeten dan siap, dalam menghadapi tantangan industri masa depan,” tuturnya.

Fosen program Sustainable Mechanical Engineering and Design PCU itu menambahkan, momentum 22 tahun BKSTM ini menjadi pengingat akan pentingnya sinergi antar perguruan tinggi Teknik Mesin di Indonesia, dalam mempersiapkan SDM yang unggul di bidang Teknik Mesin.

“Melalui Raker ini, kita dapat merumuskan strategi dan program pengembangan SDM Teknik Mesin yang tepat dan terarah, demi mewujudkan Indonesia Emas 2045,” imbuhnya.

Berlangsung selama dua hari, 15-16 Mei 2024, Raker BKSTM 2024 diisi dengan berbagai kegiatan, seperti Rapat Kerja anggota BKSTM serta Seminar dan Workshop.

Ada pula Musyawarah Anggota BKSTM dengan pembahasan yang meliputi pengembangan jurusan atau departemen Teknik Mesin di Indonesia agar tetap dapat mengikuti perkembangan industri.

Pada hari pertama, Rabu (15/5), dilakukan sesi keynote speaker oleh dua pembicara. Salah satunya adalah Ir. Insannul Kamil, S.T., M.Eng., Ph.D., IPU, selaku Ketua Badan Kejuruan Mesin Persatuan Insinyur Indonesia (BKM-PII). Ia menyampaikan tentang perkembangan dunia industri yang semakin modern.

Untuk memeriahkan suasana, diselenggarakan juga Pameran Industri Teknik Mesin, yang diikuti sekitar 20 industri otomotif dan konstruksi. Mereka memamerkan produk-produk unggulan, yang sesuai dengan tema Raker BKSTM 2024.

Berlokasi di Selasar gedung P lantai 1 kampus PCU, pameran dibuka sejak tanggal 13 Mei 2024.

Terpilih sebagai tuan rumah tahun ini, membuktikan bahwa PCU secara aktif ikut terlibat dalam memajukan pendidikan di Indonesia, khususnya di bidang teknik mesin.

“Lewat kegiatan ini, mari kita berkomitmen untuk membangun kolaborasi dan berkontribusi dalam mempersiapkan SDM Teknik Mesin yang unggul untuk Indonesia Emas 2045,” pungkas Ivan penuh semangat.


Nughie

Artikel ini telah dibaca 139 kali

Baca Lainnya