Ekonomi Bisnis Internasional Pendidikan

Kamis, 6 Juni 2024 - 14:32 WIB

1 bulan yang lalu

logo

PCU Gelar Konferensi Internasional PICSCAR, Bahas Kota Berkelanjutan Diikuti 12 Negara 

Surabaya | klikku.net – Petra Christian University (PCU) gelar konferensi internasional, Petra International Conference on Sustainable Cities and Regions (PICSCAR). Kegiatan yang berlangsung selama 3 hari tersebut, diikuti puluhan delegasi dari 12 negara.

Konferensi ini akan membicarakan cara mewujudkan kota, yang memberi akses kepada penduduknya tanpa membedakan strata. Tujuannya, agar semuanya mendapatkan layanan sosial, ekonomi, budaya, termasuk infrastruktur, yang setara.

PICSCAR yang berlangsung pada 4-6 Juni 2024 di Amphitheater Gedung Q, kampus PCU, mengangkat tema “Menuju Kota dan Kawasan Berkelanjutan: Pertumbuhan-Regenerasi-Inovasi”.

“Tema itu merujuk pada penerapan SDGs (Sustainable Development Goals) 11 di sebuah kota. Dalam kegiatan ini, PCU berkolaborasi dengan Technische Universität (TU) Dresden di Jerman dan Pemkot Surabaya”, ujar Dr. Pwee Leng, S.E., SH., M. Kom., selaku ketua acara.

“Sedangkan pendanaannya, didukung lembaga internasional penghasil Nobel Prize terbanyak di dunia, yaitu Alexander von Humboldt Foundation, Jerman,” tambahnya.

Selama tiga hari, sebanyak 52 tim dari 12 negara, yakni Indonesia, Malaysia, Thailand, Myanmar, India, China, Australia, Mesir, Filipina, Nigeria, Pakistan, dan Jerman, saling berdiskusi hingga menghasilkan Declaration of International Consortium.

Pwee Leng menjelaskan, inti kegiatan ini ada pada hari kedua, Rabu (5/6). Yang menghadirkan lima pembicara kunci, yakni Prof. Dr. Dr. h.c. Bernhard Muller dari TU Dresden, Jerman, Prof. TPr. Dr. Jamalunlaili Abdullah dari Universiti Teknologi Mara, Malaysia, Joseph Lukito Utojohardjo selaku Direktur Operasional Pro Edge Indonesia.

Selanjutnya Josua Tarigan, S.E., MBA., Ph.D., selaku Dekan SBM PCU, Indonesia, dan Eri Cahyadi, S.T., M.T. selaku Walikota Surabaya. Dimana pemaparanya diwakilkan oleh Sekda Dr. Ikhsan, S.Psi., MM.

Pada saat jam istirahat, para peserta juga dapat menikmati pameran foto Surabaya Memory, yang menampilkan Surabaya Tempo Doeloe dan masa sekarang di selasar Amphiteater gedung Q.

Selain itu, juga dipamerkan hasil Pengajaran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (P3M) PCU, yang masuk dalam kategori SDGs di selasar gedung Q lantai 3. Pameran ini berupa karya re-desain kemasan, antara mahasiswa dan dosen PCU bersama UMKM mitra masing-masing. Tercatat ada 20 UMKM Tegalsari binaan, berupa kuliner makanan dan minuman ringan.

“Untuk hari pertama, Selasa (4/6), perwakilan delegasi menghadiri jamuan makan malam di Balai Pemuda. Serta networking session terbatas, di Balai Kota Surabaya. Kemudian dilanjutkan dengan Research Discussion Session (RDS), diskusi multi dan transdisipliner, dengan sub topik Pertumbuhan, Regenerasi, dan Inovasi”, ungkap Pwee Leng.

“Sementara pada hari ketiga, Kamis (6/6), ditutup dengan kunjungan ke pusat-pusat implementasi SDGs Kota Surabaya. Diantaranya ke Taman Harmoni (transformasi TPA menjadi taman kota), Mall Pelayanan Publik, Rumah Anak Prestasi, Kota Lama, Padat Karya, Maspati, dan Surabaya Kriya Galeri”, pungkasnya.


@man

Artikel ini telah dibaca 166 kali

Baca Lainnya