Komunitas Peristiwa Sosial

Rabu, 12 Juni 2024 - 09:14 WIB

1 bulan yang lalu

logo

Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Pegadaian Kanwil XII Surabaya Ikuti Aksi Bersih Pesisir di Pantai Pancer Door Pacitan 

Surabaya | klikku.net – Pegadaian Kanwil XII Surabaya, ikut serta dalam kegiatan aksi Bersih Pesisir di Pantai Pancer Door Pacitan. Kegiatan ini digelar Pemprov Jatim & Pemkab Pacitan, dalam rangka Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2024, Selasa (11/6).

Kegiatan aksi bersih-bersih sampah pantai ini, diikuti ribuan massa dari berbagai elemen masyarakat. Mulai dari unsur pemerintah, swasta, pelajar, serta komunitas peduli lingkungan.

Acara dibuka Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji, di Pantai Pancer Door, Melalui aksi ini, Mas Aji mengajak seluruh masyarakat Pacitan untuk peduli terhadap lingkungan, dengan tidak membuang sampah sembarangan.

“Persoalan sampah merupakan urusan bersama, mulai hulu hingga hilir. Mengelola sampah, sebisa mungkin dimulai dari lingkungan terkecil, yakni keluarga. Jika semua sudah peduli & sadar, In syaa Allah semakin ke hilir semakin mudah penanganan”, ujar Mas Aji.

Aksi bersih pesisir yang dilaksanakan di Pacitan ini, merupakan bagian dari peringatan hari lingkungan hidup sedunia, yang digelar serentak. Selain itu, juga sebagai upaya keterlibatan Indonesia dalam menyongsong Net Zero Emission 2050, sesuai konvensi Paris.

“Ini adalah kegiatan kolaborasi antara pemprov, pemkab, badan usaha, dan elemen masyarakat,” ungkap Jempin Marbun, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jatim.

Sementara itu, Eko supriyanto selaku Deputy Bisnis Pegadaian Area Madiun mengatakan, bahwa aksi bersih pesisir di Pantai Pancerdoor ini merupakan komitmen Pegadaian, dalam menjaga kelestarian alam.

“Hal ini sejalan dengan tujuan pembangunan berkelanjutan (TPB) pada pilar ke 14, yaitu menjaga ekosistem laut. Semoga upaya ini dapat meningkatkan kelestarian laut kita,” tandasnya.

Gerakan bersih pesisir dilaksanakan dengan melakukan pungut sampah di sepanjang pantai Pancer Door. Sampah juga dipilah sesuai jenisnya. Untuk sampah organik langsung ditimbun, dan untuk unorganik dikumpulkan untuk dibawa ke TPS.

Uniknya kelompok peserta yang berhasil mengumpulkan sampah unorganik terbanyak panitia memberikan hadiah dan doorprize.


@man

Artikel ini telah dibaca 240 kali

Baca Lainnya