Pendidikan

Kamis, 13 Juni 2024 - 10:34 WIB

1 bulan yang lalu

logo

Tanamkan Niat Berhaji Sejak Dini, SD Al Falah Surabaya Gelar Simulasi Rangkaian Ibadah Haji

Surabaya | klikku.net – Sebanyak 524 siswa SD Al Falah Surabaya mengikuti kegiatan simulasi rangkaian ibadah haji di Masjid Agung Al Akbar Surabaya, Kamis (13/6).

Menurut Kepala SD Al Falah Surabaya Ustadzah Yuni Wahidah, kegiatan ini bertujuan menanamkan semangat untuk berhaji sejak dini pada para siswanya.

“Ibadah haji adalah ibadah yang sangat istimewa. Karena salah satu syaratnya adalah bagi yang mampu. Karena itu, kami tanamkan agar anak-anak memiliki niat berhaji sejak usia dini. Agar saat mereka sudah dewasa, atau sudah memenuhi persyaratan, dapat daftar untuk berhaji”, ujarnya.

Ustadzah Ida menambahkan, hal ini sangat penting. Mengingat daftar antrian untuk berhaji di Indonesia sangat panjang, sekitar 42 tahunan.

“Apalagi, regulasi dari Kementerian Agama sudah mengatur, bahwa usai 12 tahun, sudah bisa daftar berhaji”, ungkapnya.

Ustadzah Ida menegaskan, melalui kegiatan bertema menumbuhkan spirit haji sejak dini tersebut. Sekolah ingin menunjukkan, bahwa berhaji itu merupakan ibadah fisik. Hingga tidak bisa hanya disampaikan secara teori.

Simulasi Wukuf di Arofah

“Untuk itu, kami ajak para siswa untuk praktek ibadah haji secara langsung. Mulai dari miqat, wukuf, lempar jumroh, thawaf, minum zam-zam, sai, hingga tahalul. Karena ini adalah langkah awal untuk menjadi muslim yang sempurna”, tuturnya.

Ustadzah Ida berharap seluruh siswanya dapat menjalankan ibadah haji dengan mengharapkan ridho dari Allah SWT.

“Agar berhaji ini menjadi cita-cita. Karena Rukun IsIam yang kelima ini adalah wajib hukumnya”, pungkasnya.


@man

Artikel ini telah dibaca 192 kali

Baca Lainnya