Daerah Pendidikan

Minggu, 23 Juni 2024 - 11:25 WIB

3 minggu yang lalu

logo

Penyerahan Raport dan Gelar P5 SDN Tanah Merah Dajah 1 Pilih Tema Jheng Mantoh

Bangkalan | klikku.net— Dunia pendidikan kini kian inten kuatkan budaya melalui penanaman nilai kearifan lokal hal itu kini seperti yang dijumpai pada pagelaran P5 atau Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila yang digelar oleh SDN Tanah Merah Dajah 1 serta diisi juga dengan kegiatan penyerahan raport pada siswa siswi sekola setempat.

Antusiasme dalam mengikuti kegiatan P5 tersebut bukan hanya dirasakan siswa-siswi SDN Tanah Merah Dajah 1 saja namun juga bisa terlihat pada puluhan walimurid yang memadati halaman Lembaga SDN Tanah Merah Dajah 1.

Disela kegiatan penyerahan raport itu berlangsung Mutmainnah Kepala SDN Tanah Merah Dajah 1 menyebutkan pemilihan tema ‘Jheng Mantoh’ dalam penyelenggaraan P5 tersebut didasarkan pada wujud dalam menjaga kelestarian budaya setempat sehingga siswa sejak dini mampu mengenal dan mengetahui lebih detail budaya setempat tersebut.

“Pelaksanaan penerimaan raport serta Gelar karya P5, yang diadakan UPTD SDN Tanah Merah Dajah 1. Pelaksanaan P5 dengan tema kearifan lokal dengan judul ‘Jheng Mantoh’, dimana dalam tema itu dilakukan melalui kegiatan kirap, diantaranya mengantarkan manten jheng manto, yang diiringi pengantar manten yang membawa hantaran serta hadrah,” terang Mutmainnah pada media ini.

Dalam kegiatan P5 ini kata Mutmainnah yakni bertujuan agar siswa mengenal adat (budaya) Madura dalam ‘Jheng Mantoh’ dan juga ditampilkan kreasi siswa berupa menari khas madura yaitu tari gheddheng dan penampilan-penampilan lain yang merujuk pada kegiatan Jheng Mantoh.

“Dengan harapan kedepannya anak didik kami bisa lebih mengenal budaya daerah lainnya sehingga budaya daerah ini tidak hilang dari pengetahuan anak. Dan juga dalam pelaksanaan ini ada pameran makanan khas yang dibawa dalam pelaksanaan jheng manto,” kata Mutmainnah atau yang kerap disapa dengan julukan bu Iin tersebut menambahkan keterangannya.

Sementara itu Jasuli S.Pd selaku Korwil Tanah Merah mengaku mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan di lingkup wilayahnya yakni di Lembaga SDN yang ada di Tanah Merah.

“Program yang dilakukan itu sangat baik semoga apa yang telah dilakukan atau dilaksanakan itu hasilnya baik sesuai dengan apa yang diharapkan oleh sekolah,” kata Jasuli menyampaikan tanggapan keterangannya.


Anam

Artikel ini telah dibaca 183 kali

Baca Lainnya