Pemerintahan Pendidikan

Kamis, 22 Februari 2024 - 18:19 WIB

2 bulan yang lalu

logo

Pemprov Kalteng Gandeng ITS untuk Optimalkan Sumber Daya Daerah

Surabaya | klikku.net – Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) menandatanganani nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) dengan Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah (Pemprov Kalteng), di Ruang Sidang Senat Gedung Rektorat ITS, Kamis (22/2).

Dalam sambutannya, Wakil Gubernur Kalteng H Edy Pratowo SSos MM mengungkapkan, sebagai provinsi terluas di Indonesia, Kalteng dianugerahi kekayaan alam yang melimpah.

“Mulai dari bidang perhutanan, pertanian, pertambangan, perkebunan, hingga perikanan, yang harus dimanfaatkan dengan bijak. Sehingga perlu dirancang perencanaan pengembangan strategis, yang tentunya penting melibatkan ilmu pengetahuan dan teknologi”, ujarnya.

Edy menambahkan, Kalteng juga terpilih sebagai daerah pertama pengembangan sektor pangan dan pengembangan food estate.

“Memiliki jarak 344 kilometer dengan Ibu Kota Negara (IKN), Kalteng juga menggenjot pembangunan dan pertumbuhan ekonomi. Lewat penandatanganan MoU ini, Pemprov Kalteng menunjukkan aksi nyata dengan menggandeng ITS untuk memajukan pengembangan daerah”, tuturnya.

Sementara itu, ITS bertekad menumbuhkan semangat baru dalam menciptakan inovasi melalui pengetahuan dan teknologi. Meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) unggul, wajib dilakukan sebagai modal untuk mengelola sumber daya alam yang melimpah.

Tak hanya itu, pemerintah juga harus proaktif menangkap berbagai peluang untuk memajukan Kalteng sebagai daerah penyangga IKN.

“Maka dari itu, Kalteng terus mendorong investasi untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah. Dan tetap fokus pada prioritas pembangunan. Kemajuan ITS dalam riset dan teknologi, mendorong dilakukannya kerja sama ini, untuk memberi daya dukung dari berbagai bidang”, ungkapnya.

Edy mengatakan, Kalteng perlu dorongan dalam penelitian sumber daya dan memutuskan kebijakan yang tepat. “Untuk itu, kami juga akan siap sebagai fasilitator kerja sama perguruan tinggi, terutama dengan ITS,” tegas mantan Bupati Pulang Pisau, Kalteng tersebut.

Menanggapi pernyataan tersebut, Wakil Rektor IV ITS Bidang Riset, Inovasi, Kerja sama, dan Kealumnian ITS Bambang Pramujati ST MScEng PhD mengatakan, bahwa ITS sangat terbuka akan berbagai kerja sama yang akan dilakukan.

“Penandatanganan nota kesepahaman ini, merupakan tonggak awal dalam mencetuskan berbagai ide inovasi untuk membantu pengembangan Kalteng. ITS yang memiliki berbagai bidang program studi (prodi), dapat aktif menuangkan pemikiran inovatifnya demi perkembangan bangsa menuju Indonesia Emas,” ujar Bambang.

Lebih lanjut, dosen Departemen Teknik Mesin tersebut juga memaparkan contoh kerja sama yang telah dilakukan ITS dengan beberapa provinsi lain, dan memungkinkan dapat dilaksanakan dengan Kalteng.

“Dalam rangka pengembangan SDM, ITS akan terbuka menerima putra-putri berprestasi untuk menimba ilmu di ITS. Dan kembali ke daerahnya, untuk menebarkan manfaat. Setelah adanya MoU, dapat dibahas lebih lanjut mengenai keberlanjutan kerja sama ini. Dan disiapkan jalur masuk penerimaan mahasiswa tertentu”, tuturnya.

Bambang mengungkapkan, ITS juga membuka kerja sama pengembangan transportasi air, jika diperlukan.

“ITS memiliki banyak dosen unggul dalam pengembangan teknologi, sehingga akan siap sedia membantu. Mulai dari pusat kajian, pusat studi, hingga science techno park (STP) siap aktif dalam membantu perencanaan hingga penelitian. Contohnya saja dalam pengembangan kapal, nantinya dapat kami bantu pengembangan teknologi dan desainnya,” ujar Bambang.

Kegiatan penandatanganan MoU ini diakhiri dengan diskusi secara tertutup antara ITS dengan Pemprov Kalteng. Dari hasil diskusi tersebut, dibutuhkan tindak lanjut rangkaian daftar kebutuhan Pemprov Kalteng, supaya dapat cepat ditindaklanjuti dengan perjanjian kerja sama (PKS).

“Kami terbuka lebar jika ITS ingin berkunjung ke Kalimantan Tengah supaya dapat menilai kebutuhan yang dapat ditindaklanjuti nantinya,” ungkap Edy mengakhiri.


@Nt

Artikel ini telah dibaca 825 kali

Baca Lainnya