Daerah Politik

Rabu, 24 April 2024 - 18:36 WIB

2 minggu yang lalu

logo

Sereal UKM Gus Teguh : Pesta Politik, Geo Politik Dan Warung Rakyat

Jakarta | klikku.net — Dalam gegap gempita politik saat ini kita jangan lupa bahwa masih banyak saudara saudara kita yang membutuhkan bantuan.

Situasi Geo Politik yang penuh ketidak pastian akan mendorong ketidak stabilan harga bahan bakar dan harga bahan pokok.

Untuk itu kita wajib saling membantu sesama, paling tidak dimulai dengam membantu orang orang sekitar kita.

Hal sederhana bisa kita lakukan, dengan membeli makanan atau barang dagangan warung sekitar atau pedagang sekitar kita sudah berkontribusi terhadap ketahanan ekonomi orang orang yang tidak jauh dari kita.

Memang idealnya Pemerintah mensubsidi banyak warung madura atau warung toko serba ada untuk membantu menandingi minimarket namun hal itu pun sulit dicapai.

 

Bergerak Cepat

Berbagai potensi kenaikan harga akibat PD III bahkan ada potensi kenaikan BBM mencapai 10 kali lipat maka Pemerintah harus bergerak cepat menstabilkan harga, 1-2 tahun kedepan terlihat tantangan yang berat bagi rakyat termasuk usaha warung.

 

Merebut Masa Emas UKM

Masa Emas UKM secara realistis harus diperjuangkan bersama tidak hanya pemerintah tapi juga eksponen ormas dan lainnya yang peduli pemberdayaan warung. Warung berdaya di daerah-daerah akan mengurangi penduduk yang berkehendak pergi ke Kota, Warung yang terbebas dari pinjaman rentenir akan menjadi penguat ekonomi dan bukan sebaliknya gulung tikar.

Tentu kita mengapresiasi gerakan ekonomi seperti oleh NU sampai ranting, Pesantren Besar Sidogiri yang pemberdayaan usaha alumninya menjalar sampai pelosok kecamatan, tentu kita harus terus bergerak lebih kencang lagi menghadapi tantangan kedepan.

Menguatkan negara dan ekonomi warung adalah dua sayap kemajuan. Perlu juga bansos dari pemerintah sejatinya buat pedagang dari Kota yang kemarin mudik lalu mau kembali ke Desa tak punya modal. Apa salahnya Pemerintah Desa membantu.

 

Jalan Juang Kita Bersama

Mari kita percepat lari ekonomi rakyat dengan Optimisme, Keberanian menatap hari esok menjadi cakrawala dan Perjuangan membangun UKM adalah pelaksanaan bersama semesta, Kobarkan Semangat Warung Untuk Kestabilan Kebutuhan Rakyat !.

Oleh : Gus Teguh Anantawikrama


Anam

Artikel ini telah dibaca 124 kali

Baca Lainnya