Kesehatan Komunitas

Sabtu, 26 November 2022 - 11:15 WIB

1 tahun yang lalu

logo

4 Lions Club Surabaya Bersama Yayasan Lima Bakti, Gelar Baksos Pemberian Kacamata Gratis Pada Anak-anak

Surabaya | klikku.net – Empat Lions Club Surabaya, yakni LCS Kharisma, LCS Pahlawan, LCS Pertiwi, dan LCS Sejahtera, bersama Yayasan Lima Bakti, menggelar baksos kesehatan berupa pemeriksaan mata dan pemberian kacamata gratis, bagi ratusan siswa SD dan SMP di Sentra Ikan Bulak, Surabaya, Sabtu (26/11).

Menurut Project Officer kegiatan Listya Sariwiratama, kegiatan ini bertema ‘Mataku Jendelaku’ ini, merupakan bagian dari salah satu misi Lions Club Internasional dalam bidang kesehatan.

“Setiap tahun, Lions Club Internasional membagikan kaca mata gratis ke seluruh dunia, termasuk Indonesia. Tahun ini, ada 10 ribu kaca mata untuk dibagikan ke seluruh wilayah Indonesia. Salah satunya di Surabaya ini. Fokusnya pada anak-anak atau pelajar yang membutuhkan,” ujarnya.

“Kali ini, kami mendapat permintaan dari Kecamatan Bulak Surabaya. Karena ada ratusan siswa di wilayah ini yang membutuhkan kaca mata. Total ada 219 kaca mata diberikan secara gratis pada siswa-siswi SD dan SMP di sini. Rencananya, tanggal 3 Desember nanti, kami juga memberikan 90 kaca mata gratis di Masjid Cheng Hoo Surabaya,” ungkapnya.

Di tempat yang sama, Ketua Daerah Lions Club 4B Juliawati Gono menyampaikan, bahwa Lions Club Internasional memiliki 5 Program Utama, yakni; Lingkungan Hidup, Mata, Kanker, Kelaparan dan Diabetes.

“Kesehatan mata, khususnya bagi pelajar, sangat penting. Jika mata bermasalah, akan mempengaruhi proses belajar,” ujarnya.

Ia juga mengucapkan terima kasih pada semua pihak, atas terselenggaranya kegiatan ini.

Sementara itu, Camat Bulak Bambang Udi Ukoro mengungkapkan, dirinya telah meminta pihak kelurahan, puskesmas dan sekolah, untuk mendata siswa-siswinya yang membutuhkan kaca mata gratis.

“Jadi semua siswa yang datang hari ini, telah melakukan pemeriksaan awal di Puskesmas Bulak. Dan memang terbukti membutuhkan kaca mata,” ujarnya.

Camat Bulak Bambang Udi Ukoro dan PO kegiatan Listya Sariwiratama, meninjau proses pemeriksaan mata

Bambang juga mengucapkan terima kasih kepada 4 Lions Club Surabaya dan Yayasan Lima Bakti, yang telah menggelar kegiatan baksos Pemeriksaan Mataq dan Pemberian Kacamata Gratis di wilayahnya.

“Harapannya, kegiatan baksos semacam ini dapat terus berkelanjutan di wilayah kami. Karena masih banyak warga pesisir di 3 kelurahan Kecamatan Bulak, yang masih membutuhkan bantuan. Kami atas nama warga Bulak mengucapkan banyak terima kasih atas bantuannya,” pungkasnya.

Sementara itu, selain mendapatkan kaca mata gratis. Masing-masing siswa juga mendapatkan bingkisan dan makanan gratis. @Nto tze


 

Artikel ini telah dibaca 270 kali

Baca Lainnya