Daerah Komunitas

Minggu, 12 November 2023 - 15:28 WIB

6 bulan yang lalu

logo

Inspirasi Berbagi ke Seluruh Jawa Timur, Ikasdasa Gelar Roadshow Baksos Sego Rongewu Trawas

Mojokerto | klikku.net – Baksos Sego Rongewu gelar Roadshow keluar kota. Kegiatan rutin setiap bulan yang biasa digelar Ikasdasa di berbagai kelurahan di Surabaya tersebut, kali ini dilaksanakan Kabupaten Mojokerto.

Kegiatan yang dihadiri puluhan warga tersebut, dipusatkan di Masjid Ar Rahmah, RT 02 RW 01 Dusun Kemlokoh, Desa Trawas, Kecamatan Trawas, Minggu (12/11).

Menurut Ketua Ikasdasa Bambang Udi Ukoro, kali ini Ikasdasa ingin memperkenalkan program Baksos Sego Rongewu ke seluruh Jawa Timur.

“Tujuannya, agar manfaat Baksos Sego Rongewu juga bisa dinikmati warga dhuafa di luar kota Surabaya,” ujarnya.

Kepada warga sekitar yang menghadiri kegiatan, Bambang juga menceritakan sejarah berdirinya Baksos Sego Rongewu, yang digagas oleh Ikasdasa atau Ikatan Alumni SMP Sepuluh Surabaya.

“Kegiatan ini dimulai 7 tahun lalu, yakni pada bulan November 2016. Yang awalnya hanya dari ikatan alumni saja, kemudian mulai bergabung para relawan. Hingga terbentuk relawan Baksos’e Suroboyo,” tuturnya.

Bambang menambahkan, kegiatan yang utama adalah berbagi dan mengajak masyarakat, khususnya kaum dhuafa, untuk ikut bersedekah.

“Muncullah ide untuk menjual nasi kotak layak gizi seharga Rp2 ribu pada kaum dhuafa. Dimana uang Rp2 ribu ini, akan kami jadikan modal tambahan, untuk kegiatan penjualan Sego Rongewu di bulan berikutnya,” ungkapnya

Bambang juga berharap, dengan kegiatan Roadshow Sego Rongewu ini, manfaatnya juga bisa dirasakan oleh kaum dhuafa di Jawa Timur.

“Semoga bisa menggugah dan menjadi inspirasi bagi komunitas atau paguyuban lainnya, untuk bisa berbuat baik kepada sesama,” pungkasnya.

Sementara itu, Ketua Takmir Masjid Ar Rahmah Zainal Abidin menyambut baik kegiatan Roadshow Sego Rongewu di wilayahnya.

“Semoga kegiatan ini bisa membawa kemaslahatan bagi masyarakat yang dituju. Harapannya, Baksos Sego Rongewu bisa lebih banyak membantu kaum dhuafa dan anak yatim, melalui berbagai kegiatan sosial yang dilaksanakan,” ujarnya.

Kegiatan Roadshow Baksos Sego Rongewu Trawas ini, diawali dengan pemberian santunan pada sejumlah anak yatim di Dusun Kemlokoh Trawas, pemberian mushaf Al Quran bagi santri TPQ Masjid Ar Rahmah, serta penjualan Sego Rongewu bagi warga membutuhkan di kawasan tersebut.

Selain Ikasdasa dan Baksos’e Suroboyo, kegiatan ini juga didukung Universitas PGRI Adi Bhuana Surabaya.


 

Artikel ini telah dibaca 327 kali

Baca Lainnya